Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltim Miliki Empat Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Kompas.com - 14/11/2013, 21:50 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com - Empat potensi kepariwisataan di Kalimantan Timur ditetapkan sebagai daerah tujuan utama pariwisata di Indonesia yang pengembangannya dibantu oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sejumlah potensi kawasan strategis pengembangan pariwisata nasional ini adalah Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kota Bangun di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Ulu Mahakam Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu serta Taman Nasional Kayan Mentarang di Kabupaten Malinau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, M Aswin, Senin (14/11/2013), mengatakan dengan penetapan tersebut pemerintah pusat akan memberikan perhatian lebih terhadap obyek-obyek wisata tersebut, antara lain berupa bantuan promosi ke luar negeri.

Dijelaskan, Kawasan Strategis Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau memang telah tersohor ke berbagai negara di dunia. Salah satu yang unik adalah Pulau Kakaban, yang merupakan satu dari dua habitat ubur-ubur tak beracun.

Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kukar dengan potensi wisata sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam) di Danau Semayang dan Melintang yang juga memiliki kehidupan khas nelayan tradisional.

Sementara itu Ulu Mahakam yang memiliki keunggulan berupa riam atau jeram yang memiliki keunikan tersendiri bagi peminat olah raga arung jeram (rafting).

Sedangkan kawasan strategis ke empat adalah pengembangan potensi eco-wisata Kayan Mentarang di Kabupaten Malinau yang termasuk dalam kawasan (Heart of Borneo) yang menjadi paru-paru dunia untuk menghasilkan oksigen bagi umat manusia.

“Atas penetapan ini, saya berharap seluruh masyarakat Kaltim, terutama di kabupaten tersebut, dapat mendukung dan turut berpartisipasi,” harapnya.

Partisipasi masyarakat, sangat dibutuhkan untuk ikut menjaga, merawat dan melestarikan potensi-potensi yang ada, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat setempat. Aswin mengakui untuk menuju ke beberapa kawasan strategis tersebut masih perlu kerja keras semua stakeholder untuk membangunnya. Terutama sarana infrastruktur dasar, yakni jalan, jembatan, pelabuhan atau dermaga hingga keberadaan bandar udara (Bandara).

“Kita bersyukur untuk menuju ke Berau dan Kukar sudah dapat diakses dengan mudah. Tinggal ke pedalaman Mahakam dan ke Kayan Mentarang yang perlu ditingkatkan infrastrukturnya. Pembangunan Bandara di perbatasan sangat mendukung dunia pariwisata Kaltim,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com