Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tasikmalaya Digoyang Gempa, Tak Ada Kaitan dengan Gunung Guntur

Kompas.com - 31/10/2013, 05:58 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Gempa dengan kekuatan 5,1 skala Richter mengguncang wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (31/10/2013) dini hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menginformasikan gempa terjadi pada pukul 04.45 WIB. Spekulasi yang mengaitkan gempa ini dengan aktivitas vulkanik Gunung Guntur di Garut, Jawa Barat, tegas dibantah.

Gempa di Tasikmalaya itu tidak menimbulkan kegaduhan yang berarti, tetapi sebagian warga Garut kota mengaitkan fenomena alam tersebut dengan status aktivitas vulkanik Gunung Guntur. Warga wilayah ini memang turut merasakan goyangan gempa tersebut. "Jangan-jangan gunung Guntur mau meletus ya," ujar Indra (33), warga Jl Lembang Asri, Garut Kota, salah satunya.

Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah Garut, Dikdik Hendrajaya, menegaskan, gempa di Tasikmalaya tak terkait dengan aktivitas Gunung Guntur. Dia pun mengimbau masyarakat tak berspekulasi.

"Tidak ada sama sekali (hubungan gempa Tasikmalaya dengan Gunung Guntur). Informasi BMKG sudah jelas sekali, titik gempa di Pangandaran," ujar Dikdik saat dikonfirmasi, Kamis pagi. Status Gunung Guntur pada 23 Oktober 2013 sudah turun dari level waspada ke level normal. Status waspada dikenakan ke Gunung Guntur pada Agustus 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com