Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Kendari Tak Gelar Takbir Keliling

Kompas.com - 07/08/2013, 11:16 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, tidak akan menyelenggarakan takbir keliling pada malam Idul Fitri 1434 Hijriah dengan alasan keamanan.

"Kami tidak akan menyelenggarakan takbir keliling pada malam Lebaran karena lebih banyak mudarat dibanding manfaatnya. Tahun lalu peserta pawai takbir keliling dilempari petasan, tepat di depan salah satu masjid," ungkap Trikora, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemkot Kendari, Rabu (7/8/2013).

Trikora menjelaskan, sejumlah peserta takbir keliling yang menggunakan sepeda motor juga melengkapi kendaraannya dengan knalpot racing. Dikhawatirkan, lanjut Trikora, peserta pawai takbir tidak bisa mendengarkan suara takbir dengan khusyuk karena suara motor lebih kencang.

"Untuk pelaksanaan takbir kali ini dikembalikan kepada setiap masjid yang ada di Kota Kendari. Wali Kota Kendari Asrun akan menghadiri takbir di Masjid Nurul Falah di Kelurahan Kemaraya Kendari," terangnya.

Alasan lain Pemkot Kendari tidak menggelar pawai takbir keliling adalah hujan masih mengguyur kota tersebut. "Sekarang ini masih hujan, apalagi Kota Kendari baru dilanda banjir. Jadi, kita berempatilah dengan warga kita yang menjadi korban banjir," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Trikora mengatakan, Pemkot Kendari menetapkan 80 tempat untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri, Kamis (8/8/2013). "Penetapan tempat-tempat itu berdasarkan usulan masyarakat dan warga di sekitar lokasi, yang kemudian dibicarakan dalam rapat panitia hari-hari besar Islam Kota Kendari," jelas Trikora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com