Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Cita Malam Takbir dengan Pawai Oncor

Kompas.com - 18/08/2012, 23:22 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri selalu disambut suka cita oleh umat muslim di penjuru dunia. Takbir yang mengagungkan asma Allah menggema di mana-mana. Tak terkecuali di Dusun Sorobayan Desa Banyuurip Kecamatan Tegalrejo Magelang, Sabtu malam (28/8/2012).

Luapan kegemberiaan menyambut 1 syawal 1433 H atau tepat pada Minggu besok (19/8/2012) diwujudkan dengan bersama-sama melantunkan gema takbir sambil berkeliling kampung membawa oncor (obor). Pawai obor yang mayoritas diikuti oleh ratusan anak-anak dan remaja ini tampak sangat meriah.

Dengan suara lantang dan semangat mereka bertakbir mengelilingi kampung. Suasana tambah meriah karena pawai juga diiringi dengan alunan kesenian rebana dan dentuman bedug.

"Kegiatan ini rutin selalu kami lakukan malam menjelang lebaran atau malam takbiran. Sebagai bentuk suka cita kita menyambut hari raya esok," ujar Sholeh, Kepala Dusun setempat.

Sejak sore mereka sudah berkumpul di masjid untuk mempersiapkan segala keperluan pawai, seperti membuat oncor yang terbuat dari bambu, berlatih rebana dan lain sebagainya. Selepas sholat isya berjamaah dan berdoa, pawai pun dimulai.

"Peserta tidak hanya berasal dari dusun Sorobayan saja tetapi juga dusun sekitar, seperti dusun Ngepos dan Banyuurip. Semua datang dengan sukarela, termasuk biaya keperluan juga hasil swadaya masyarakat," ujarnya.

Usai pawai, mereka kembali berkumpul di masjid untuk menyaksikan pesta kembang api. Selanjutnya, mereka melakukan sholat sunnah tasbih berjamaah.

"Intinya adalah kebersamaan dan rasa syukur kita kepada Allah SWT, semoga puasa dan ibadah kita selama Ramadhan lalu diterima-Nya," tambah Majiduddin, ulama dusun setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com