Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

600 Peserta Ramaikan Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023

Kompas.com - 16/09/2023, 14:19 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 600 peserta mengikuti Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023. Bupati Blora Arief Rohman secara resmi membuka acara ini dengan mengibarkan bendera start dari Bandara Ngloram Cepu, Sabtu (16/9/2023).

Sebelum berangkat, para peserta juga disuguhi penampilan kesenian tradisional Barongan khas Blora.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, saya ucapkan selamat datang dan selamat bertanding. Selamat berkompetisi sembari menyusuri keindahan Blora," ucap Arief dikutip melalui keterangan persnya, Sabtu.

Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada sejumlah pihak, di antaranya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, PT Sukun Wartono Indonesia, Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara Republik Indonesia (TNI/ Polri), serta pihak-pihak lain yang telah membantu pelaksanaan acara.

Baca juga: Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa Kurang Mampu, Pemkab Blora Gandeng STAI dan STKIP Muhammadiyah Blora

"Semoga event kreatif yang bukan hanya olahraga, tapi juga berisi seni dan budaya mampu mendukung sport tourism di Jawa Tengah serta membawa berkah untuk kita semua," tutur Mas Arief.

Di hadapan seluruh peserta, Mas Arief berharap mereka bisa menikmati tour dengan jalur-jalur tidak biasa. Meski demikian, sebutnya, Blora merupakan daerah yang banyak memiliki hutan, sehingga supply oksigen sangat melimpah.

"Akan ada beberapa pemberhentian, salah satunya Kampung Samin Klopoduwur. Ini adalah salah satu wisata budaya di Kabupaten Blora, yaitu perkampungan yang dihuni oleh penduduk yang masih memegang teguh ajaran atau paham Samin," tuturnya.

Kemudian, dia melanjutkan, peserta akan melewati Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah. Bendungan ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Januari 2022 lalu.

Baca juga: Buka Diklat PKB, Bupati Arief Minta Kualitas Pendidikan MTs di Blora Terus Ditingkatkan

Karena Blora merupakan tuan tumah, Arief meminta maaf apabila masih ada kekurangan dalam penyelenggaraan Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023.

"Kami sangat terbuka menerima kritik dan saran yang membangun sebagai bahan evaluasi, sehingga pada kesempatan yang akan datang dapat kami perbaiki. Tentunya ini kita harapkan kalau sukses bisa menjadi agenda tahunan," ucap Mas Arief.

Penyelenggaraan tahun ini spesial

Sementara itu, Corporate Secretary PT Sukun Wartono Indonesia Deka Hendratmanto menjelaskan, event olahraga balap sepeda kali ini spesial.

"Karena di Blora tentunya jarang didengar, sehingga awal mula pendaftaran kami buka sekitar 500 peserta akhirnya bertambah menjadi 600 peserta," tuturnya.

Deka menjelaskan, banyak peserta yang merasa antusias dan penasaran mengenai Blora. Pemilihan Blora pun dirasa tepat karena Sukun Wartono berkomitmen mendukung program-program yang menampilkan potensi daerah di Jateng.

Baca juga: Ada 132 Kasus HIV/AIDS Baru pada 2023, Wabup Blora Ajak Stakeholder Bergerak

"Kebetulan kami berada di eks karesidenan Pati, sehingga kami mendukung saat idenya muncul di Blora. Karena banyak potensi wisata di Blora yang belum orang tahu, bahkan ada yang mengatakan bahwa 20-40 potensi yang muncul di website membuat peserta penasaran," jelasnya.

Ia melanjutkan, pada Sukun Tour de Muria Blora Expedition 2023 diikuti peserta dari mancanegara.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com