Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bertemu Pimpinan Telkom, Pj Gubernur Sulsel Bahas Peningkatan Pelayanan Publik Bidang Telekomunikasi

Kompas.com - 15/09/2023, 19:15 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin bersilaturahmi dengan pimpinan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) di Kantor Regional VII, Makassar, Jumat (15/9/2023).

Pertemuan tersebut juga membahas terkait dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam peningkatan pelayanan publik di bidang telekomunikasi termasuk layanan telepon, jaringan data, dan internet.

Pada kesempatan itu, Bahtiar memperkenalkan diri dan tugasnya sebagai Pj Gubernur Sulsel yang sekaligus Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Saya berterima kasih sudah disambut dengan hangat. Kami berkeliling melakukan kunjungan dan bersilaturahmi ke Telkom tujuannya memberikan pelayanan publik, menyejahterakan, dan memberikan kebaikan untuk 9 juta lebih masyarakat Sulsel, termasuk dari BUMN," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (15/9/2023).

Baca juga: Bangkit Berulang Kali dari Hantaman Bala, Akankah Tanah Abang Bertahan di Tengah Gempuran Teknologi?

Apalagi, lanjut Bahtiar, pelayanan publik di era teknologi informatika dan telekomunikasi mempermudah banyak pekerjaan manusia, bahkan di sektor perekonomian.

Ia mengungkapkan, terdapat banyak keluhan masyarakat, di antaranya persoalan jaringan.

"(Persoalan ini ada) karena kegiatan perdagangan dan belanja juga sudah online," jelas Bahtiar.

Selain itu, ia juga menyampaikan tantangan yang ada adalah pembangunan yang belum merata di Sulsel.

Utamanya, daerah yang berada di wilayah timur Sulsel, dari wilayah Luwu hingga Teluk Bone terpantau belum merata.

“Beberapa desa bahkan belum ada jaringan telekomunikasi dan terjadi kesenjangan jaringan. Infrastruktur telekomunikasi yang memadai ini diharapkan akan menumbuhkan kawasan ekonomi baru,” ujar Bahtiar.

Baca juga: Gencarkan Pembangunan BTS di Pedesaan, Menkominfo: Wujud Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Digital

Ia mengatakan bahwa tantangan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Sulsel adalah di wilayah pantai timur.

“(Daerah) yang banyak dibangun selama ini ada di pantai barat. Dari Luwu Timur sampai Teluk Bone adalah raksasa yang tidur," ucap Bahtiar.

Untuk itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel bersama pemerintah daerah (pemda) kabupaten dan kota akan mendukung upaya Telkom dalam infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas dan merata.

Demikian juga upaya Pemprov Sulsel dalam menghadirkan akses spot internet di beberapa titik.

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Telkom Regional VII Agus Yudha Basuki mengapresiasi kunjungan Pj Gubernur Bahtiar sebagai semangat untuk semakin meningkatkan pelayanan publik.

Baca juga: Gubernur Syamsuar Minta Kabupaten dan Kota Resmikan Mal Pelayanan Publik pada 2024

Ia menjelaskan, saat ini gelaran jaringan fiber optik seluruh wilayah telekomunikasi (witel) di Sulsel yang berada di Telkom Regional 7 pada umumnya sudah mencapai 100 persen fiber optik.

"Telkom sudah masuk semua fiberoptik, termasuk Selayar," ucap Agus.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut juga hadir Deputi EVP Telkom Regional VII, Gaeanri Situmorang, General Manager (GM) Witel Makassar Nuryadin Salam, GM Regional Enterprise and Goverment Service Telkom Regional 7 Feronika.

Sementara itu, Bahtiar didampingi oleh sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Sulsel Andi Winarno Eka.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com