Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pesan Gubernur Riau di Parade Bhinneka Tunggal Ika Pekanbaru

Kompas.com - 20/08/2023, 14:33 WIB
Hotria Mariana,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia dan HUT ke-66 Provinsi Riau, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) menggelar parade Bhinneka Tunggal Ika, Minggu (20/8/2023).

Acara yang digelar di Jalan Gajah Mada, Kota Pekanbaru, tersebut diikuti lebih dari 4.000 peserta dari berbagai paguyuban dan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di Riau.

Beberapa di antaranya Ikatan Keluarga Indragiri Hilir, Ikatan Keluarga Kenegerian Kampar dan Sekitarnya, Persatuan Masyarakat Kabupaten Meranti, Papua Cendrawasih Nusantara, dan Puan Aspekraf.

Parade dibuka Gubernur Riau Syamsuar yang mengenakan baju surjan bermotif lurik berwarna hijau dan hitam dengan kerah leher berpola Shanghai, serta blangkon batik. Ia didampingi istrinya, Misnarni Syamsuar, yang mengenakan kebaya motif bunga dengan warna senada.

Syamsuar mengapresiasi antusiasme dan semangat masyarakat yang ikut serta dalam parade Bhinneka Tunggal Ika. Ia mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan dan persatuan di tengah keberagaman yang ada di Riau.

Baca juga: Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI, Gubernur Riau: Mari Pelihara Persatuan dan Kesatuan Bangsa

“Pesan kami jaga maruah Riau. Begitu juga dengan suasana persatuan dan kesatuan yang telah dijalin semua daerah ini,” ujar Syamsuar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), FPK, tokoh agama, dan jajaran yang senantiasa kompak berusaha menjaga kedamaian dan ketenteraman di Provinsi Riau. Ia berharap, Riau dapat terus melaju bersama Indonesia untuk mencapai kemajuan.

“(Hal tersebut) sesuai dengan tema perayaan HUT kemerdekaan tahun ini, yakni ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’. Kalau Indonesia terus melaju, Riau pun juga akan begitu,” ucapnya.
Selain parade, acara tersebut juga menghadirkan 47 stan bazar yang menjajakan makanan dan produk kerajinan khas Riau.

Iring-iringan Purna Paskibraka Riau yang membawa bendera Merah Putih sepanjang 78 meter membuat parade tersebut kian menarik. Simbol negara tersebut melambangkan semangat nasionalisme dan patriotisme masyarakat Riau dalam menyambut HUT RI yang ke-78.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com