Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Gubernur Sumsel: Kami Lakukan Berbagai Upaya Antisipasi Dampak El Nino

Kompas.com - 12/08/2023, 15:29 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sheila Respati

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru kembali menegaskan, pihaknya akan melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi dampak Elnino yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Herman Deru saat menerima kunjungan kerja (Kunker) Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (11/8/2023).

Seperti diketahui, Elnino dapat menyebabkan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Oleh karena itu, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel berupaya mengantisipasi ancaman karhutla yang disebabkan dampak Elnino.

Herman Deru menegaskan, ia telah menginstruksikan pihak yang berkaitan langsung dengan karhutla untuk menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) guna mencegah karhutla. Hal ini dilakukan di kawasan yang banyak ditumbuhi gambut.

Baca juga: Pemprov Sumsel Dukung Implementasi Net Zero Emission 2060 di Wilayahnya

"Sumsel merupakan provinsi yang memiliki banyak lahan gambut. Hal ini bukan sesuatu yang sederhana untuk mencegahnya. Namun, kami terus memantau, termasuk melakukan cara-cara yang diperlukan dengan pemanfaatan opsi water boombing secara modern. Upaya ini dilakukan bekerja sama dengan BNPB menggunakan TMC," kata Herman Deru.

Herman Deru melanjutkan, sejumlah titik rawan karhutla justru berlokasi di sejumlah ruas jalan. Kondisi itu membuat pihak terkait harus lebih tegas. Pasalnya, dampak asap dapat menghalangi jarak pandang pengendara.

"Beberapa ruas tol di Sumsel melewati titik-titik rawan karhutla. Alhamdulillah, curah hujan di Sumsel masih normal, meskipun tempratur panas. Meski demikian kami tetap mengimbau pengelola tol, baik damkar maupun aparat tetap mewaspadai terjadinya karhutla disekitar ruas lintasan tol," tuturnya.

Untuk mengatasi karhutla, Herman Deru menilai perlunya peran penting masyarakat. Oleh karena itu, ia berharap pihak Kementerian LHK memberikan literasi kepada masyarakat terkait karhutla. Ia berharap, Wamen LHK bisa memberikan literasi terkait karhutla ini.

Baca juga: Pemprov Sumsel Raih BKN Award 3 Kali Berturut-turut, Ini Pesan Herman Deru untuk Para ASN

Herman Deru juga mengucapkan terimakasih pada pihak Kementerian LHK karena memiliki perhatian khusus kepada Sumsel.

"Kementerian LHK punya perhatian khusus terhadap karhutla. Setiap kami gelar pasukan ataupun acara seremonial, keterlibatan dalam korporasi besar pasti selalu hadir," tandasnya.

Sementara itu, Wamen LHK Alue Dohong menegaskan bahwa kunkernya ke Sumsel dalam rangka meninjau upaya antisipasi El Nino dan Karhutla yang dilakukan jajaran Pemprov Sumsel.

"Untuk menghadapi dampak Elnino, perlu dilakukan antisipasi karena butuh keterlibatan semua pihak. Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemprov Sumsel dalam menekan terjadinya Karhutla," ujar Wamen LHK.

Pertemuan Wamen LHK dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru tersebut digelar dengan penuh keakraban. Acara diawali dengan makan malam bersama di Griya Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com