Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Raih Capaian SDGs Tertinggi, Dua Desa di Hulu Sungai Tengah Terima Penghargaan dari Kemendesa PDTT

Kompas.com - 29/07/2023, 09:57 WIB
Yussy Maulia Prasetyani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, meraih juara dalam Lomba Sustainable Development Goals (SDGs) Desa 2023 Region Kalimantan. Dua desa tersebut adalah Desa Bakti, Kecamatan Batu Benawa, dan Desa Pandawan, Kecamatan Pandawan.

Lomba SDGs Desa 2023 yang diusung Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) digelar dalam rangka memperingati Hari SDGs Desa 2023.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten HST Syahrina Juni menyampaikan, dua desa tersebut dinobatkan sebagai juara karena berhasil meraih capaian SDGs tertinggi untuk wilayah Kalimantan.

“Desa Bakti yang berada di peringkat kedua berhasil meraih capaian pada tujuan nomor 7, 9 dan 13. Sementara, Desa Pandawan meraih juara ketiga dengan capaian pada tujuan nomor 7 dan 13,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/7/2023).

Baca juga: Pemkab Hulu Sungai Tengah Kembali Raih WTP, Wabup Mansyah Ucapkan Rasa Syukur

Atas keberhasilan tersebut, Desa Bakti dan Desa Pandawan pun menerima penghargaan dari Kemendesa PDTT. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta saat penutupan acara International Conference on Sustainable Rural Development di Gedung Makarti Kemendesa PDTT, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Bupati Hulu Sungai Tengah H Aulia Oktafiandi mengucapkan rasa syukur dengan prestasi dua desa di wilayahnya. Ia juga mengapresiasi keberhasilan Desa Bakti dan Desa Pandawan dalam melakukan pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai SDGs.

“Terima kasih atas keberhasilan ini. Semoga ke depan, desa di Kabupaten HST bisa meraih juara satu Region Kalimantan dan juga bisa meraih juara di tingkat nasional," tuturnya.

Aulia juga berharap, keberhasilan yang diraih oleh Desa Bakti dan Desa Pandawan dapat menjadi motivasi bagi desa lain di Kabupaten HST untuk terus mengembangkan kemajuan desa yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Bupati HST Dukung Inovasi Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com