Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Lari Pagi Bareng Menparekraf, Bupati Joune Ganda Promosikan Likupang Tourism Festival 2023

Kompas.com - 18/07/2023, 15:27 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terlihat berlari pagi bersama sebelum menjalani aktivitas rutin masing-masing.

Kedua pejabat negara yang gemar lari santai itu mengambil start di Jalan Pulombangkeng Nomor 5, Kawasan Senopati, Kebayoran Baru dan finish di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Terpantau sejak start hingga finish, Bupati Joune Ganda dan Menparekraf Sandiaga terus berlari sambil sesekali jalan cepat. Dalam kesempatan ini, keduanya membicarakan progres dari pengembangan Destinasi Super Prioritas (DSP) Likupang di Minut, Sulawesi Utara (Sulut).

Bupati Joune Ganda mengatakan, pihaknya akan menggelar Likupang Tourism Festival (LTF) 2023 sebagai upaya memajukan pariwisata di wilayahnya.

Baca juga: Ikuti Senam Bersama, Gubernur Herman Deru Ingin Sumsel Jadi Pusat Pariwisata Kesehatan

"Pada Sabtu (29/7/2023) sampai Senin (31/7/2023), kami siap laksanakan LTF 2023," kata Joune Ganda kepada Sandiaga Uno, seperti dikutip lewat siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (18/7/2023).

Menanggapi pernyataan Bupati Joune Ganda, Sandiaga Uno menyatakan, pihaknya siap mendukung penuh acara LTF 2023

“Wow keren ya, prinsipnya saya pribadi dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bakal mendukung penuh LTF 2023,” ucap pria yang akrab disapa Sandi tersebut.

Baca juga: Papua Street Carnival Kemenparekraf Jadi Ajang Pembuktian Para Talenta PYCH Binaan BIN

LTF 2023 akan digelar lebih spektakuler

Sebagai salah satu acara nasional, LTF menjadi event tahunan yang sangat ditunggu oleh masyarakat Minut.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Minut Femmy Pangkerego mengatakan, pihaknya akan menggelar LTF 2023 lebih spektakuler dari tahun sebelumnya.

"LTF 2023 akan diselenggarakan secara spektakuler, menandai ketiga kalinya kegiatan ini digelar," ucapnya, Jumat (10/2/2023).

Seperti diketahui, Kabupaten Minut termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta DPSP di Likupang.

Keistimewaan tersebut menjadi prioritas Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati (Wabup) Minut Kevin William Lotulung dalam memajukan pariwisata di wilayahnya.

Baca juga: Bus Pariwisata Kecelakaan di Malaysia, 1 WNI Tewas

"Saya melihat dan menilai visi-misi Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin William Lotulung, sangat serius untuk kemajuan pariwisata di Minut," tutur Femmy.

Dalam mempromosikan pariwisata di Likupang, ia mengungkapkan, pihaknya telah membawa tim musik kolintang dan produk unggulan untuk tampil dalam pameran perdagangan dunia di Milan, Italia pada 2022.

Dinas Pariwisata Minut, sebut Femmy, memamerkan produk unggulan hingga kesenian di wilayahnya selama dua minggu, yakni sejak 30 November 2022 sampai 12 Desember 2022.

Ia mengungkapkan bahwa target pihaknya pada LTF 2023 adalah menampung pengunjung hingga 55.000 orang, baik wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnu).

Baca juga: Wisatawan Tewas Tenggelam Saat Hendak Menyelam di Labuan Bajo

Pasalnya, kata Femmy, LTF 2022 hanya mampu mendatangkan 25.000 pengunjung karena masih terdapat pembatasan aktivitas akibat Covid-19.

"Tahun 2023 ini, kegiatan yang bakal menarik banyak pengunjung dan terbesar di Likupang adalah LTF yang akan dilaksanakan pada Sabtu (29/7/2023) sampai Senin (31/7/2023)," jelasnya.

Sebagai informasi, pada gelaran LTF 2022, Menparekraf Sandi bersama jajarannya secara full team langsung membuka event tersebut. LTF 2022 itu pun berlangsung secara sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com