Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Genjot Sektor Pariwisata, Perdagangan, dan Investasi, Gubernur Sulut Kunjungi China

Kompas.com - 08/05/2023, 10:46 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melanjutkan misi kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dengan China.

Kali ini, Olly melakukan kunjungan kerja (kunker) untuk membahas kerja sama di sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi di Shanghai, China, Sabtu (6/5/2023).

Khusus untuk sektor pariwisata, Olly ingin membuka kembali rute penerbangan langsung ke Manado dari beberapa kota di China.

“Sebelum pandemi Covid-19, ratusan ribu wisatawan asal China telah berkunjung ke Sulut tiap tahunnya,” ungkapnya dalam keterangan tgetulis yang diterima Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Baca juga: Gubernur Sulut Bakal Canangkan Gerakan Makan Ubi, Jagung, dan Pisang

Olly mengatakan, kunjungan wisatawan China mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Bumi Nyiur Melambai. Oleh karenanya, dia ingin mengembalikan kondisi tersebut pada masa endemi saat ini.

Kemudian, Olly juga menjajaki kerja sama di sektor perdagangan, khususnya produk perkebunan, sektor pendidikan, dan transfer teknologi melalui program magang.

Adapun Olly dijemput Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia di Shanghai Denny Wachyudi Kurnia.

Pada Minggu malam, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu melanjutkan pembahasan dengan Denny terkait misi kerja sama dengan China.

Dalam kunker itu, Gubernur didampingi Rektor Universitas Sam Ratulangi Oktovian BA Sompie, Asisten Satu Setdaprov Sulut DR Denny Mangala, Asisten Tiga Sekretaris Daerah Provinsi (Setdaprov) Sulut DR Frangky Manumpil, serta Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Sulut Henry Kaitjily.

Baca juga: Komitmen Wujudkan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan 100 Persen, Pemprov Sulut Luncurkan Perda Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com