Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sambil Gendong Balita, Herman Deru Tekankan Pentingnya Kecukupan Gizi untuk Cegah Stunting

Kompas.com - 14/07/2023, 11:16 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menghadiri acara "Launching Gerakan Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023" serta "Penganugerahan Lomba Balita Indonesia" di Palembang Indah Mall (PIM), Kamis (13/7/2023).

Pada kesempatan itu, Herman Deru terlihat ceria menyanyikan lagu Aku Anak Sehat bersama puluhan bayi/balita dan orangtua mereka.

Dalam sambutannya, Herman Deru mengatakan, dia merasa bersyukur karena ada pos pelayanan terpadu (posyandu) dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel yang terlibat dalam LaunchingGerakan Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023.

"Bersyukur kita pagi hari ini kita bersama-sama mengingatkan seluruh orangtua se-Sumsel, khususnya yang punya anak balita. Ada 6.000 posyandu yang memantau tumbuh kembang bayi/balita secara serentak," kata Herman Deru melalui keterangan persnya, Jumat (14/7/2023).

Baca juga: Herman Deru Kunjungi OKU, Masyarakat Keluhkan Masalah Infrastruktur Jalan Milik Pertamina

Menurutnya, gerakan tumbuh kembang bayi penting untuk mendeteksi munculnya stunting bagi anak-anak di bawah usia dua tahun.

Ia pun mengapresiasi langkah Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumsel yang telah membantu pengawasan tumbuh kembang anak-anak di Sumsel.

"(Posyandu) membantu memberikan edukasi yang baik bagi orangtua dan asupan gizi cukup bagi bayi dan balita. Ini semua berkat kebaikan ibu-ibu (posyandu) semua, penurunan stunting bisa mencapai 6,2 persen di Sumsel. (Prestasi) ini milik kita bersama dan belum pernah dicapai sebelumnya," papar Herman Deru.

Karena peran ibu-ibu posyandu yang besar, Herman Deru pun berinisiatif untuk membagikan timbangan ke tiap-tiap posyandu. Hal ini penting untuk mengukur berat badan anak-anak.

Baca juga: Galakkan Pencegahan Korupsi, Herman Deru: Tanamkan Perilaku Cegah Korupsi dalam Hati

"Saya apresiasi posyandu dan ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas upaya penurunan stunting ini," tutupnya.

Gubernur Herman Deru menghadiri Launching Gerakan Pamantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Secara Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023 di Palembang Indah Mall (PIM), Kamis (13/7/2023).DOK. Pemprov Sumsel Gubernur Herman Deru menghadiri Launching Gerakan Pamantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Secara Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023 di Palembang Indah Mall (PIM), Kamis (13/7/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Trisnawarman mengatakan, Launching Gerakan Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Serentak bertujuan untuk meningkatkan komitmen bersama lintas sektor untuk meningkatkan pembinaan dan pelayanan di posyandu.

"Kita memberikan apresiasi kalangan orangtua bayi dan balita yang telah melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi serta memberikan penghargaan kepada bayi/balita sehat tingkat kabupaten/kota se-Sumsel," tuturnya.

Sebagai informasi, pada kesempatan itu, Ketua TP-PKK Febi Deru memberikan hadiah untuk pemenang Lomba Balita Indonesia Tingkat Provinsi Sumsel kategori 6-24 bulan serta 2-5 tahun.

Baca juga: Pemprov Sumsel Raih BKN Award 3 Kali Berturut-turut, Ini Pesan Herman Deru untuk Para ASN

Kegiatan kemudian dilanjutan dengan proses touch screen light emitting diode (LED) yang menandai peresmian Gerakan Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi/Balita Secara Serentak Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com