Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sumsel Jadi Tuan Rumah Harganas Ke-30, Herman Deru Harapkan Puluhan Ribu Tamu Beli Produk-produk Lokal

Kompas.com - 04/07/2023, 11:27 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru berharap para tamu dari penjuru Indonesia yang berkunjung ke Kabupaten Banyuasin dalam puncak gelaran Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat.

"Puluhan ribu tamu yang akan datang ke Banyuasin ini kami harapkan bisa mengenal dan membeli berbagai kerajinan, kuliner, dan pariwisata khas Sumsel," harapnya.

Dia mengatakan itu saat meninjau lokasi acara Harganas ke-30 yang dipusatkan Halaman Kantor Bupati Banyuasin, Senin (3/7/2023).

Herman berharap Harganas ke-30 membawa dampak positif bagi Kabupaten Banyuasin dan Sumsel.

"Event nasional seperti ini kami harap membawa dampak yang positif bagi daerah kita," harapnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Herman Deru Sebut Strategi Khusus Dibutuhkan untuk Tekan Angka Stunting di Sumsel

Pada kesempatan itu, Herman mengatakan, kedatangannya ke lokasi acara untuk memastikan kondisi persiapan yang dilakukan pihak panitia mulai dari segi keamanan, kenyamanan, hingga persiapan panggung utama yang akan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

"Sebagai tuan rumah, kami tentu ingin para tamu yang datang dari berbagai daerah di Indonesia nyaman dan aman. Maka dari itu, kami cek kesiapannya sudah sampai mana," katanya.

Herman juga mengingatkan jajaran panitia untuk memperhatikan konsumsi atau snack yang akan dibagikan pada para tamu undangan agar dijaga kehigienisannya.

Dia menyebutkan, persiapan teknis saat ini sudah cukup selesai. Dia juga mengingatkan panitia untuk memperhatikan makanan.

“Dalam keramaian kadang-kadang packing-nya memakan waktu lama dengan pendistribusiannya. Kami khawatirkan makanannya akan basi, tetapi mudah-mudah itu tidak terjadi," jelasnya.

Baca juga: DPRD Sumsel Bantu Pemerintah Kelola Keuangan Daerah, Herman Deru Berikan Apresiasi

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat meninjau lokasi acara Harganas ke-30 yang dipusatkan Halaman Kantor Bupati Banyuasin, Senin (3/7/2023). Dia didampingi Bupati Banyuasin H Askolani Jasi dan Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN RI, Novian Andusti.
DOK. Humas Pemprov Sumsel Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat meninjau lokasi acara Harganas ke-30 yang dipusatkan Halaman Kantor Bupati Banyuasin, Senin (3/7/2023). Dia didampingi Bupati Banyuasin H Askolani Jasi dan Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN RI, Novian Andusti.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Banyuasin H Askolani Jasi mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin telah menyiapkan Banyuasin Expo untuk memeriahkan perhelatan Harganas.

"Kami nanti ada Banyuasin Expo. Di situ nanti kami akan pamerkan berbagai kerajinan dan makanan khas Banyuasin sehingga para tamu nantinya bisa belanja. Ini kami lakukan untuk menggeliatkan ekonomi para usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Banyuasin," ujarnya.

Turut hadir mendampingi Herman Deru dalam peninjauan tersebut Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Novian Andusti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com