Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sukses Turunkan “Stunting”, Herman Deru Terima Tanda Kehormatan Satyalancana dari Presiden

Kompas.com - 08/07/2023, 10:36 WIB
Inang Sh ,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menerima penghargaan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penghargaan itu diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-30 yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Kamis (6/7/2023).

Gubernur Herman Deru menerima penghargaan tersebut berkat jasanya dalam lapangan pembangunan negara pada umumnya, serta terkait sesuatu bidang tertentu pada khususnya.

Salah satu keberhasilan Herman adalah menurunkan tingkat stunting atau tengkes sehingga menjadi yang terbaik nasional dengan capaian sebesar 6,2 persen.

Atas prestasi itu, Herman Deru menjadi satu-satunya gubernur yang mendapatkan Satyalancana Pembangunan dari Presiden RI.

Baca juga: Penurunan Stunting Sumsel Terbaik Se-Indonesia, Menko PMK Apresiasi Herman Deru

Tak hanya itu, berkat komitmen dan partisipasi aktif dalam menyukseskan program Bangga Kencana dan upaya percepatan penurunan stunting di Sumsel, Herman dikukuhkan sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo.

Pada kesempatan itu, Herman Deru mengaku sangat bangga dengan penunjukan Sumsel sebagai tuan rumah Harganas Ke-30.

Penunjukan itu memiliki kriteria tersendiri, salah satunya adalah penurunan tingkat stunting secara drastis yang berhasil dilakukan Sumsel, yakni dari 24,8 persen menjadi 18,6 persen atau sebesar 6,2 persen.

Herman menyebutkan, capaian tersebut tidak didapatkan begitu saja, tetapi berkat akumulasi kerja sama dan gotong royong dalam binaan BKKBN dan Menteri Kesehatan (Menkes) serta kekuatan bupati/wali kota dan juga Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di wilayah Sumsel.

"Ini kerja nyata yang berhasil dihargai. Karena itu, di kesempatan baik ini, kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu,” ujarnya.

Baca juga: Sumsel Jadi Tuan Rumah Harganas Ke-30, Herman Deru Harapkan Puluhan Ribu Tamu Beli Produk-produk Lokal

Dia menyebutkan, capaian itu tidak hanya membuat pihaknya bangga dan semangat, tetapi kedatangan para tamu undangan juga berhasil menggeliatkan perekonomian daerah.

Herman berharap, dengan menjadi tuan rumah, baik Sumsel maupun Kabupaten Banyuasin dapat semakin dikenal luas dengan prestasi-prestasinya.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menerima penghargaan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penghargaan itu diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Kamis (6/7/2023). 
DOK. Humas Pemprov Sumsel Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menerima penghargaan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penghargaan itu diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, Kamis (6/7/2023).

Selain Herman, Ketua TP-PKK Sumsel Febrita Lustia HD juga menerima penghargaan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana dari Presiden. 

Bedanya, penghargaan Febrita adalah tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diberikan bersama sejumlah gubernur, bupati, dan wali kota lain se-Indonesia. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengajak semua warga untuk menjaga keluarga dan anak-anak agar tetap dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Baca juga: Herman Deru Sebut Strategi Khusus Dibutuhkan untuk Tekan Angka Stunting di Sumsel

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com