Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Papua Barat Jamin Keamanan Tenaga Kesehatan di Tambrauw

Kompas.com - 13/06/2023, 17:13 WIB
Mohamad Adlu Raharusun,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MANOKWARI, KOMPAS.com - Kapolda Papua Barat memastikan keamanan di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, terjamin dengan adanya personel Kepolisian Resor Polres dan dibantu TNI di daerah itu.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel TM Silitonga mengatakan, pihaknya melakukan tindak cepat terkait dengan aktivitas KNPB di Kabupaten Tambrauw agar masyarakat tidak terlalu resah.

"Kita Polri dan TNI melakukan pengamanan semaksimal mungkin agar pemerintah dan tenaga kesehatan di sana merasa aman," ujar Kapolda, Selasa (13/2023).

Baca juga: Bantah Nakes Ditarik dari Tambrauw karena KKB, Kapolres: Mereka Belanja di Sorong

Kapolda menegaskan, tidak ada ancaman terhadap tenaga medis di Tambrauw. Menurutnya, para tenaga medis keluar dari Tambrauw saat itu untuk pergi ke Sorong karena mereka butuh belanja makanan dan peralatan atau perlengkapan mereka selama seminggu.

"Kebetulan mereka (KNPB) kita melakukan penindakan itu kan weekend dan mereka (nakes) turun, jadi kita sudah klarifikasi ke Dinas Kesehatan," ujarnya

"Jadi tidak ada hal-hal yang menghawatirkan di Tambrauw, semua dalam keadaan aman," tegasnya.

Kapolres Tambrauw AKBP Bendot Dwi Presetyo mengatakan, meski tiga tersangka dititipkan di Polres Sorong, namun proses penyelidikan tetap dilakukan di Polres Tambrauw.

"Tiga tersangka kita titipkan di Polres Sorong, tapi penyidikan tetap di Polres Tambrauw," kata Kapolres.

Baca juga: Deklarasi KNPB Tambrauw Berujung Penetapan Tersangka Makar, Pelaku Disebut Sebar Paham Separatis

Ketiga tersangka itu adalah UK selaku Sekjen KNPB Tambrauw dan pengurus lainnya, YY dan U. Mereka dijerat Pasal 106 KUHP tentang tindak pidana makar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com