Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Preservasi Jalan dan Jembatan di Enrekang Capai 90 Persen, Gubernur Andi Sudirman: Insya Allah Segera Rampung

Kompas.com - 27/02/2023, 18:10 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, progres preservasi jalan dan pembangunan jembatan pada ruas Paleteang-Malaga-Kabere di Kabupaten Enrekang telah mencapai 90 persen.

"(Meski) saat ini masih progres preservasi jalan dan pembangunan jembatan. Namun, mulai (preservasi jalan dan pembangunan jembatan) memperlihatkan progres yang baik. Insya Allah segera rampung," tutur Andi, dikutip dari keterangan persnya, Senin (27/2/2023).

Pernyataan tersebut disampaikan Andi saat melakukan kunjungan lapangan di Desa Taulan, Kecamatan Cendana, Enrekang, Sabtu (25/2/2023). Kunjungan itu dimaksudkan untuk meninjau preservasi jalan dan pembangunan jembatan pada ruas Paleteang-Malaga-Kabere.

Kedatangan gubernur termuda di Indonesia itu lantas disambut hangat para warga. Mereka mengaku senang dengan langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel yang telah mengerjakan preservasi jalan dengan kategori lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi dan kondisi sebelumnya rusak berat.

Baca juga: Presiden Jokowi Ungkap Hasil Audit Stadion Bola: 5 Rusak Berat

"Alhamdulillah, turut senang dengan masyarakat sudah bisa mengakses jalan pada ruas Paleteang-Malaga-Kabere di Kabupaten Enrekang," kata Andi Sudirman.

Ia mengungkapkan bahwa kelancaran pembangunan infrastruktur tersebut tidak lepas dari dukungan masyarakat sekitar.

"Ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat sekitar yang mendukung kelancaran pembangunan. Termasuk (bagi masyarakat yang) menghibahkan lahan pekarangan rumahnya untuk pelebaran jalan," ucap Andi Sudirman.

Ia menyampaikan bawah jalan yang dibangun merupakan akses alternatif Enrekang ke Toraja melalui Kabupaten Pinrang dengan memangkas jarak sekitar 30 kilometer (km). Akses jalan ini diketahui lebih dekat jika dibandingkan melewati jalan nasional.

Baca juga: 2 Ruas Jalan Nasional dan Jembatan di Luwu Utara dalam Kondisi Mantap

"Semoga dengan akses ini, bermanfaat dalam kelancaran mobilitas barang dan jasa, yang muaranya akan menggeliatkan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com