Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Resmi Jadi Bapak Asuh Anak Stunting, Walkot Bobby: Bukan Sekadar Pelabelan Semata

Kompas.com - 27/10/2022, 21:12 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) Kota Medan Tahun 2022.

Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman selaku BAAS Nasional di Lapangan Kantor Pelindo, Jalan Raya Pelabuhan Belawan, Kamis (27/10/2022).

“Orangtua asuh yang dicanangkan bukan hanya sekadar pelabelan semata,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Artinya, lanjut Bobby, seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dan seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang ditetapkan sebagai BAAS memiliki peran penting dalam penanganan stunting.

Oleh karena itu, kata dia, seluruh pihak yang dikukuhkan sebagai BAAS didudukan berdampingan dengan orangtua dari anak yang diasuhnya.

Hal tersebut dimaksudkan agar para orangtua yang memiliki anak stunting bisa mudah berkomunikasi dengan orangtua asuh masing-masing.

Baca juga: Gara-gara Musik, Pemuda di Minahasa Tikam Orangtua Asuh hingga Tewas

“Jadi ingin saya sampaikan kepada orangtua yang anaknya masih dalam kategori stunting untuk menghubungi orang di sebelahnya, minta nomor telepon, dan komunikasi secara langsung,” ujar Bobby.

Selain agar seluruh anak bebas stunting, lanjut dia, hal tersebut dilakukan sebagai data dasar untuk memberikan bantuan kepada masyarakat. Sebab, stunting juga berkaitan erat dengan kondisi ekonomi.

Sebagai informasi, Pengukuhan BAAS Kota Medan Tahun 2022 juga dilakukan dalam acara Pencanangan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu (MBKKT).

Kegiatan yang digelar atas kerja sama Pemkot Medan dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0201/Medan tersebut bertujuan untuk memberi perhatian, penanganan, dan pendampingan kepada anak stunting di Medan.

Oleh karenanya, pengukuhan juga dilakukan kepada Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dan Panglima Kodam (Pangdam) I/ Bukit Barisan (BB) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Achmad Daniel Cardin.

Selain itu, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Medan Kahiyang Ayu Bobby Afif Nasution selaku ibu asuh anak stunting, serta seluruh pimpinan unsur Forkopimda Kota Medan juga menerima pengukuhan.

Baca juga: Ajak Camat Bersihkan Medan, Kahiyang: Saya Tak Ingin Kecewakan Wali Kota

Dimulai dari internal

Pada kesempatan tersebut, Bobby mengungkapkan bahwa pihaknya bersama Forkopimda Kota Medan sepakat untuk menjadi orangtua asuh bagi anak stunting di wilayahnya.

Kolaborasi tersebut dilakukan agar seluruh pihak terkait, terutama Pemkot Medan bisa mengimplementasikan program orangtua asuh dengan baik dari sudut internal.

Dengan begitu, kata Bobby, pengentasan stunting yang selama ini digencarkan oleh pihaknya sudah lebih dulu dilakukan sungguh-sungguh.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com