Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Akuntabel, Pemprov Papua Maksimalkan Sistem E-Government

Kompas.com - 23/05/2022, 14:05 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Papua Jery Yudianto mengatakan, pihaknya tengah mendorong pemerintah kabupaten dan kota untuk memaksimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-government.

Pasalnya, sistem SPBE diperlukan seiring perkembangan teknologi yang berimplikasi terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Jerry menjelaskan, saat ini seluruh aspek kehidupan terhubung dengan teknologi sehingga pelayanan pemerintah juga dituntut untuk mengikuti.

Hal tersebut pun berkorelasi dengan pengelolaan keuangan dan pemerintahan yang transparan, sehingga siapa pun bisa melakukan pengawasan.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan Industri, Pemprov Papua Akan Bangun PLTA Berkapasitas 100 MW di Jayawijaya

"Dengan begitu bisa mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel, dan modern dalam melayani masyarakat," katanya di Jayapura, seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Selain itu, Jerry juga meminta seluruh pemerintah kabupaten atau kota untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) andal yang mampu menjalankan SPBE.

Jerry pun menegaskan, Pemprov Papua melalui Diskominfo Papua terus berusaha mensosialisasikan penggunaan SPBE kepada seluruh kabupaten atau kota.

"Salah satu kunci sukses manajemen keamanan SPBE di daerah adanya penanggung jawab keamanan yang dikoordinasi langsung sekretaris daerah (sekda) serta didukung instansi teknis pengelola teknologi informasi dengan memiliki SDM berkemampuan dan berintegritas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com