Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Jas Merah Hadiri Pelantikan Gibran, Rudy: Ini Semangat Baru

Kompas.com - 26/02/2021, 08:24 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo bersama istri menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih di Gedung Graha Paripurna DPRD Solo, Jawa Tengah, Jumat (26/2/2021).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pria yang akrab disapa Rudy tiba di lokasi acara sekitar pukul 07.50 WIB dengan menaiki mobil Toyota Innova hitam tanpa sopir pribadi.

Rudy bersama istri Elisabeth Endang Prasetyaningsih kompak memakai baju serba merah. Rudy memakai kemeja merah dan istri kebaya merah.

Rudy mengatakan alasan dirinya memakai kemeja warna merah adalah sebagai semangat baru.

"Ini semangat baru. Selamat hati kita merah sehat. Lambang darah kita merah sehat," kata dia didampingi sang istri sebelum masuk ruangan gedung Graha Paripurna DPRD Solo, Jumat.

Baca juga: Usai Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Gibran Kawal Percepatan Vaksinasi Covid-19

Dalam kesempatan itu, Rudy mengatakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo yang baru yakni Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa lebih muda tentu lebih energi dalam melayani masyarakat Solo.

Rudy juga berharap wali kota yang baru bisa melanjutkan progam wali kota sebelumnya yang belum terselesaikan.

Salah satunya adalah penyelesaian warga kecil, lemah, miskin dan tertindas (KLMT).

"Kemarin yang sudah kita usulkan adalah palang pintu perlintasan Joglo relnya naik (layang) dan viaduk Gilingan. Yang belum selesai ya KLMT tadi," ungkap dia.

Selama ini, ujar Rudy, dirinya selalu merogoh kocek untuk membayar warga yang tidak mampu mengambil ijazah warga tidak mampu.

Baca juga: Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Gibran Tak Langsung Tempati Rumah Dinas Loji Gandrung

Uang yang dikeluarkan Rudy pun tak sedikit untuk memberikan keringanan dalam pengambilan ijazah siswa tak mampu tersebut.

"Kalau 10.000 orang lebih sejak tahun 2000 sampai sekarang. Ada yang Rp 7 juta bahkan tiga tahun tidak membayar ada," ungkap Rudy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com