Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Calon Penumpang di Bandara Hang Nadim Positif Covid-19

Kompas.com - 24/12/2020, 20:02 WIB
Hadi Maulana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Sebanyak 17 calon penumpang dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani rapid test antigen di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau.

Data ini didapat dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sejak tanggal 21 Desember hingga 23 Desember 2020.

"Untuk yang positif tersebut kami berikan edukasi agar melakukan tes swab PCR untuk hasil yang lebih akurat,” kata Penanggung jawab layanan rapid test antigen Bandara Hang Nadim, Anni Maret kepada wartawan, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Keluar Masuk Batam Pakai Kapal Masih Pakai Rapid Test Antibodi, Khusus ke Bali Wajib Swab Antigen

Tim medis kemudian mengarahkan calon penumpang yang terkonfirmasi positif ke pihak maskapai penerbangan guna me-refund tiket.

Selain itu, calon penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dilaporkan ke Tim Gerak Cepat (TGC) Penanggulangan Covid-19 Bandara dan Batam guna proses lebih lanjut.

"Kami mengimbau kepada calon penumpang melakukan rapid test antigen sehari atau minimal dua sampai tiga jam sebelum jadwal penerbangan. Ini dilakukan agar calon penumpang tidak tergesa-gesa dan lebih leluasa melakukan refund tiket jika hasil tes antigen positif," jelas Anni.

Untuk di Bandara Hang Nadim, kata Anni, proses pemeriksaan rapid test antigen tidak begitu sulit.

Calon penumpang cukup mengisi formulir pendaftaran kemudian melakukan pembayaran di kasir.

“Tarif yang sudah kami berlakukan adalah tarif resmi dari Kementerian Kesehatan, yaitu Rp 275.000 untuk untuk wilayah tujuan di luar Pulau Jawa," kata Anni.

Baca juga: Besok, Bandara Batam Berlakukan Rapid Test Antigen dengan Biaya Rp 275.000

Setelah itu, calon penumpang menuju bilik pemeriksaan rapid test antigen dengan mengambil sampel melalui hidung (nasofaring).

“Pengambilan hasil hanya 15-20 menit. Bila ditemukan antrean panjang pengambilan hasil biasanya karena harus menunggu pengesahan dari dokter,” jelas Anni.

Dia melanjutkan, pelayanan rapid test antigen dan antibodi di Bandara Hang Nadim Batam dimulai dari pukul 06.00-18.00 WIB.

"Bagi calon penumpang yang terkonfirmasi positif disarankan untuk tidak memaksakan diri bepergian dan selalu kooperaktif terhadap petugas TGC Penanggulangan Covid-19 Bandara Hang Nadim," pungkas Anni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com