Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang di Pelabuhan Merak Tak Wajib Rapid Test Antigen, tapi...

Kompas.com - 24/12/2020, 12:56 WIB
Rasyid Ridho,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

CILEGON, KOMPAS.com - Warga yang akan melakukan perjalanan mudik dan liburan pada masa Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak, Banten, tidak wajib melakukan rapid test antigen.

Namun, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menyediakan posko kesehatan di dermaga eksekutif dan reguler yang disiapkan untuk penumpang yang ingin secara sukarela memeriksakan diri.

"Penumpang diimbau mau rapid test silakan, yang tidak rapid test tidak apa-apa," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Hasan Lessy, kepada wartawan di Pelabuhan Merak. Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Tinjau Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak, Wakapolri: Masih Normal-normal Saja

Meski tak wajib rapid test, penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan penumpang dengan 4 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

"Selalu kita sampaikan kepada pengguna jasa agar menerapkan protokol kesehatan," ujar Hasan.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, pelaksaan rapid test antigen di Pelabuhan Merak tidak wajib.

Namun, akan ada pemeriksaan secara acak kepada penumpang.

Baca juga: 23 Desember Puncak Arus Mudik di Tol Tangerang Merak, Puncak Arus Balik Diprediksi 3 Januari

Hal itu dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran dan mengantisipasi timbulnya klaster liburan Natal dan Tahun Baru.

"Kita melihat di sini (Pelabuhan Merak) pelaksaan rapid test antigen. Walaupun dilaksanakan dengan cara random dalam upaya memutus mata rantai," kata Gatot Eddy saat menujau arus mudik natal di Pelabuhan Merak.

Sementara di beberapa tempat seperti bandara, stasiun kereta api, dan sejumlah daerah sudah mewajibkan kepada warga untuk melakukan rapid test antigen.

"Itu (rapid test antigen) dilaksanakan di Operasi Lilin kali ini," ujar Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com