Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Waduk Jatigede, Sumedang Bertekad Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Kompas.com - 04/12/2020, 16:19 WIB
Aam Aminullah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Pemkab Sumedang, Jawa Barat, bertekad menjadikan daerahnya sebagai kabupaten pariwisata mengalahkan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Bupati Sumedang H Dony Munir mengatakan, Sumedang memiliki potensi wisata kelas dunia yang bisa menyaingi Banyuwangi sebagai kabupaten pariwisata.

"Kami tidak main-main dan bertekad mengalahkan Banyuwangi sebagai kabupaten pariwisata," ujar Dony saat saat mendampingi Komisi X DPR RI dan Deputi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kampung Buricak Burinong, Pesisir Waduk Jatigede, Sumedang, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Geliat Wisata Sumedang, Naik Bus Tampomas Bisa Ziarah ke Makam Marongge hingga Waduk Jatigede

Dony menuturkan, potensi pariwisata Waduk Jatigede ditunjang akses mudah, karena dekat dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Pelabuhan Patimban Subang, dan akses Tol Cileunyi, Sumedang, (Cisumdawu).

"Khusus Tol Cisumdawu, dari total panjang 62 kilometer, 60 kilometernya masuk wilayah Sumedang dan 6 exit tol di wilayah Sumedang. Exit tol ini akan menjadi akses masuk ke kawasan wisata Sumedang, termasuk ke Jatigede," tutur Dony.

Dony menyebutkan, tekad Sumedang menjadi destinasi kelas dunia (world class destination) akan segera terwujud jika Waduk Jatigede yang telah diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sudah disetujui pemerintah pusat.

"Untuk KEK Jatigede kami sudah MoU dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Kami juga sudah menyusun master plan dan kalau sudah disetujui Pak Presiden, kemajuannya akan semakin pesat," sebut Dony.

Dony mengatakan, butuh dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Komisi X DPR RI agar KEK Jatigede ini terealisasi.

Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian mengatakan, Komisi X akan mendorong keinginan Sumedang menjadi kabupaten pariwisata dan merealisasikan KEK melalui lobi politik di parlemen.

"Kunci dalam pengembangan pariwisata ini leadership. Kami melihat keinginan kuat dari Bupati Sumedang, dan jajarannya dalam mewujudkan hal ini. Kami akan turut mendorong agar KEK ini dapat direalisasikan, karena dari potensi wisata yang ada, Sumedang memang layak menjadi kabupaten pariwisata," ujar Hetifah.

Baca juga: Kota Mati Waduk Jatigede Mulai Tenggelam, Warga Diminta Tinggalkan Wilayah Genangan

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan pada Kemenparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya menyebutkan, selain memiliki potensi wisata alam yang mumpuni dan ditunjang oleh keinginan kuat pemerintahannya, maka Sumedang menjadi destinasi wisata kelas dunia bisa terwujud.

"Kata Pak Bupati tadi seluruh dinas di Kabupaten Sumedang ini adalah "dinas pariwisata", istilah ini baru saya dengar di Sumedang. Kami tentunya akan mendukung agar Sumedang ke depan betul-betul menjadi world class destination," kata Wisnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com