Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Usaha Pertanian di Pekanbaru Ditawarkan Diskon dan Layanan Kelistrikan

Kompas.com - 16/10/2020, 13:47 WIB
Citra Indriani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - PT PLN UP3 Pekanbaru, Riau, kini memiliki program Bright Energy Support for Agriculture, Retail and Industry (Bestari) Riau 2020.

Program ini diluncurkan pada Hari Pelanggan Nasional pada 4 September 2020 lalu.

Manager PLN UP3 Pekanbaru Himawan Sutanto mengatakan, program ini dibuat untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada sektor agrikultur, retail dan industri.

Baca juga: Peningkatan Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru Disorot Presiden, Ini Kata Gubernur Riau

Sektor itu berada di wilayah kerja PLN UP3 Pekanbaru yang mencakup Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

"Berbagai macam kemudahan bisa didapatkan pelanggan maupun calon pelanggan melalui program Bestari, dalam rangka mendapatkan energi listrik yang green dan harga ekonomis di tengah pandemi Covid-19," ucap Himawan dalam keterangan resmi kepada Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Gunakan Berbagai Modus, Pimpinan Ponpes di Jambi Mencabuli Santriwati

Menurut Himawan, program Bestari ini merupakan bentuk keseriusan dukungan dari PLN untuk meningkatkan produktifitas sektor agrikultur, bisnis dan industri melalui program-program elektrifikasi dengan berbagai macam kemudahan layanan.

"Dalam pelaksanaan program ini, kami sudah melakukan komunikasi dan kerja sama dengan asosiasi pertanian atau perkebunan, instansi pemerintah dan pelaku usaha," sebut Himawan.

Program Bestari menawarkan solusi yang bisa di manfaatkan oleh calon pelanggan dunia usaha dan agrikultur, antara lain proses administrasi cepat, pembayaran biaya penyambungan dengan pola cicilan dan diskon biaya penyambungan.

Kemudian, menyediakan komunikasi meeting online, konsultasi kelistrikan atau instalasi free, hingga fleksibilitas pola investasi jaringan.

"Bahkan PLN saat ini memberikan diskon biaya perubahan daya sebesar 75 persen untuk tarif bisnis melalui promo Super Merdeka," kata Himawan.

Himawan mengatakan, pada September 2020, PLN UP3 Pekanbaru telah melakukan implementasi program Bestari.

Ketika itu, PLN melayani pemasangan baru listrik di perkebunan kelapa sawit PT Sewangi Sejati Luhur daya 865 kVA di Kabupaten Rokan Hulu, dan perkebunan PT ADEI Plantation daya 555 KVA di Kabupaten Pelalawan.

"Sementara untuk promo diskon 75 persen biaya perubahan daya Super Merdeka yang di dominasi oleh sektor usaha retail telah dimanfaatkan oleh 1.111 pelanggan," kata Himawan.

Manager pabrik kelapa sawit PT Sewangi Sejati Luhur Mahendra mengapresiasi program PLN UP3 Pekanbaru.

"Layanan pasang baru melalui program Bestari memberikan dampak signifikan untuk efisiensi biaya produksi, khususnya efisiensi biaya bahan bakar diesel. Program ini merupakan solusi untuk layanan kelistrikan Riau yang sebagian besar wilayahnya didominasi perkebunan kelapa sawit," kata Mahendra.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin juga memberikan apresiasi kepada PT PLN UP3 Pekanbaru.

"Dengan adanya program Bestari dari PLN UP3 Pekanbaru, diharapkan dapat menjadi solusi kelistrikan untuk meningkatkan pertumbuhan sektor usaha dan retail di masa pandemi Covid-19 di Provinsi Riau, khususnya Kota Pekanbaru," kata Zulhelmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com