Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Kerumunan Warga Langgar Protokol Kesehatan Saat Pentas Dangdut

Kompas.com - 02/09/2020, 05:29 WIB
Hamim,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

TUBAN, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan kegiatan pentas hiburan musik dangdut di Dusun Selang, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, viral di media sosial.

Dalam video itu terlihat kerumunan warga tak mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker saat menghadiri pentas musik dangdut yang digelar pada Minggu (30/8/2020) itu.

Padahal, Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah zona merah Covid-19 di Jawa Timur.

Kepala Desa Jadi, Munir membenarkan pentas hiburan musik dangdut itu terjadi di desanya.

"Mungkin waktu itu ada yang sengaja memfoto terus tersebar kepada warga hingga ke tangan wartawan," kata Munir saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Baca juga: 10 Anggota KKB Pimpinan Purom Wenda Menyerahkan Diri

Menurutnya, kegiatan pentas hiburan atau kesenian itu merupakan acara syukuran yang digelar oleh Mbah Ru, salah seorang warga Desa Jadi.

Sebelum menggelar pentas hiburan, Pemerintah Desa Jadi menyarankan warga tersebut berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan, Polsek, dan Koramil, untuk meminta izin.

Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Semanding mengizinkan pentas tersebut. Sehingga, pemerintah desa memberikan rekomendasi izin untuk meminta persetujuan dari kecamatan.

"Kesenian-kesenian seperti itu, Pemdes enggak ada yang berani memberi izin, kalau gak ada izin persetujuan dari Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan," jelasnya.

Ia bersama Babinsa dan Babhinkamtibmas setempat juga mengimbau warga yang hadir di acara itu mematuhi protokol kesehatan.

Namun, kenyataan di lapangan tak sesuai dengan harapan. Jumlah yang lebih sedikit menyulitkan petugas menghentikan warga yang berkerumun.

"Di lokasi kadang tidak seperti itu, waktu itu cuma ada dua orang petugas keamanan dari koramil dan polsek," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com