Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harcuncung, Sosok Transpuan yang Kenalkan Busana Tidung hingga Ada di Uang Kertas Rp 75.000

Kompas.com - 19/08/2020, 19:49 WIB
Ahmad Dzulviqor,
Khairina

Tim Redaksi

NUNUKAN.KOMPAS.com – Harcuncung alias Ocha (33) tersenyum ramah saat menyambut uluran tangan pewarta yang ingin mengenalnya lebih jauh.

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya sosok transpuan inilah yang mengenalkan busana pengantin adat Tidung Sina Beranti ke tingkat nasional.

"Dua tahun saya berjuang mempromosikan baju Tidung Tengara, sejak 2018 setiap even dan perlombaan tata rias tradisional yang saya ikuti saya promosikan busana pengantin Tidung,’’ujarnya, ditemui di Nunukan, Rabu (19/8/2020).

Pembawaannya yang kalem dan supel membuat suasana seketika mencair.

Baca juga: Sempat Dikira Orang China di Uang Rp 75.000, Ini Sosok Izzam, Bocah yang Pakai Baju Adat Tidung

Dia tak segan bercerita tentang pengalaman bullying yang dialaminya saat memutuskan menjadi transpuan dan sejumlah kelucuan dari para petugas bandara yang menyangsikan status kelaminnya.

‘’Pernah saya ke Malaysia, petugas bandara macam bingung melihat foto paspor dan penampakan fisik saya, sampai diajak ke toilet dikawal sepasang petugas laki laki dan perempuan, saya disuruh milih toilet, ketika pilih toilet laki laki petugas meminta saya membuktikan kalau saya laki laki,"ujarnya, Rabu (19/8/2020).

Di balik segala sifat lemah lembut yang membungkus kelelakiannya, Harcuncung atau Ocha merupakan sosok yang prihatin dengan kian menipisnya kesadaran pelestarian budaya oleh penduduk di perbatasan RI – Malaysia.

Ia yang lahir di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dari rahim seorang tenaga kerja wanita (TKW) Taiwan ini pernah menjadi guru honor di SDN Sebatik selama 9 tahun.

Lamanya waktu pengangkatan menjadi PNS membuatnya memutuskan untuk menjadi instruktur di lembaga pendidikan/kursus yang berfokus pada tata rias pengantin.

Minat akan tata rias ia geluti semenjak berusia 16 tahun. Menurutnya, tata rias adalah salah satu cara mudah mendapat uang.

Sejak itu, semua perlombaan tata rias tradisional ia ikuti. Prestasi mentereng ia raih ketika menyabet Juara I Nasional dalam lomba tata rias tradisional yang dihelat Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada 2018.


Gencar promosi 

Sejak dikukuhkan menjadi Ketua DPD HARPI Melati Kalimantan Utara pada 2019, Harcuncung alias Ocha kian gencar melakukan promosi.

Ia mempresentasikan busana adat Tidung agar dikenal masyarakat luas.

Baginya, Bugis yang merupakan suku aslinya bukanlah halangan untuk melestarikan salah satu kekayaan Nusantara.

Baca juga: Mengenal Sina Beranti, Pakaian Pengantin Adat Suku Tidung di Uang Pecahan Rp 75.000

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com