Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Travel Gelap Rute Jakarta-Tasikmalaya yang Beroperasi Selama PSBB Ditangkap

Kompas.com - 01/05/2020, 15:27 WIB
Irwan Nugraha,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kota Tasikmalaya bersama petugas Kodim 0612 Tasikmalaya menangkap satu unit kendaraan travel gelap yang membawa penumpang dari zona merah Covid-19 ke Tasikmalaya lewat jalur tikus.

Mobil minibus Daihatsu Granmax silver diamankan setelah diketahui membawa empat penumpang dari Jakarta ke Jalan Pertigaan Mangin, Batunungku, Kota Tasikmalaya pada Kamis (30/4/2020) dini hari.

Kendaraan tersebut bernomor polisi pribadi, tapi oleh sang sopir dimanfaatkan mengangkut warga yang hendak pulang kampung saat dilarangnya mudik.

"Kita amankan mobil (travel gelap) itu di pos check point atau penjagaan pembatasan Batunungku, Mangin, Mangkubumi, sekitar pukul 02.30 WIB dini hari. Petugas yang terdiri dari Polisi, TNI dan Pemerintah daerah merasa curiga dengan kendaraan yang kerap melintas pada waktu yang sama beberapa hari terakhir," jelas Kepala Polres Tasikmalaya AKBP Anom Karibianto, kepada wartawan, Jumat (1/5/2020).

Baca juga: Pengakuan Penumpang Travel Gelap Rute Jakarta-Tasik: Dimintai Ongkos Rp 400.000 Per Orang

Anom menambahkan, tim gabungan dalam gugus tugas covid-19 yang selama 24 jam bertugas di tiap pos penjagaan perbatasan itu curiga karena kendaraan itu kerap melintas saat dini hari.

Mobil tersebut bernomor polisi Z asal Tasikmalaya dengan sang sopir berasal dari Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

"Mobil tersebut dijadikan angkutan dan sudah beberapa kali mengantar pemudik dari Jakarta ke wilayah Tasikmalaya," katanya.

Selama ini, lanjut Anom, mobil tersebut menerima pesanan oleh calon penumpang setelah sebelumnya diinformasikan di media sosial Facebook.

Baca juga: Berbagai Cara Warga Kelabui Polisi agar Lolos Mudik, Sembunyi di Toilet Bus hingga Pakai Travel Gelap

Calon penumpang dan sang sopir travel gelap janjian di suatu wilayah titik penjemputan mulai dari kawasan Jakarta, Bekasi, Tanggerang, Karawang sampai Bandung dengan tujuan  Tasikmalaya.

"Diiklankan sendiri melalui akunnya bahwa janjikan bisa bawa penumpang rute Jakarta-Tasik saat PSBB," kata Anom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com