Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjuang Lawan Covid-19, 2 Perawat RSUP Kariadi Semarang Meninggal

Kompas.com - 17/04/2020, 20:10 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Direktur Utama RSUP Kariadi Semarang Agus Suryanto menyatakan, sampai dengan hari ini ada dua petugas medis di rumah sakitnya meninggal dunia di tengah merebaknya pandemi Covid-19.

Kedua perawat yang meninggal tersebut diketahui RI (52) seorang perawat warga Gedawang, Banyumanik yang bekerja di RSUP Kariadi Semarang diduga terinfeksi Covid-19 pada Jumat (17/4/2020) pukul 10.55 WIB.

Dan NK (38) perawat warga Ungaran, Kabupaten Semarang yang bekerja di RSUP Kariadi Semarang terinfeksi positif Covid-19 dan meninggal dunia pada Kamis (9/4/2020).

"Pegawai di RSUP Kariadi yang meninggal dunia sampai dengan hari ini jumlahnya ada 2 orang bekerja sebagai perawat. Di antaranya 1 perawat yang sebelumnya positif Corona dan 1 perawat lagi yang hari ini meninggal swab pertama negatif dan swab kedua masih menunggu hasilnya," jelas Agus melalui keterangan videonya kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Baca juga: Satu Lagi, Perawat RSUP Kariadi Semarang Positif Corona Meninggal Dunia

Sementara itu, Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jateng Edy Wuryanto mengatakan perawat tersebut bertugas menangani pasien Covid-19 di Ruang Rajawali RSUP Kariadi.

Menurut Edy, secara klinis perawat tertular Covid-19 saat menangani pasien di Ruang Rajawali.

Kemudian mengalami infeksi pada paru-parunya. Lantas mengisolasi mandiri di rumah sekira sepuluh hari yang lalu.

"Namun, karena kondisi berangsur memburuk lalu ia dirawat di RSUP Kariadi Semarang. Setelah di-rontgen, hasilnya mengarah ke pasien dalam pengawasan (PDP),"jelasnya.

Baca juga: 46 Tenaga Medis Positif Corona di RSUP Kariadi Semarang Tertular Pasien Tidak Jujur

Selanjutnya, ia dipindahkan ke ruang isolasi dan sempat mengeluhkan sesak napas. Kemudian dipindahkan lagi ke ruang ICU hingga menghembuskan napas terakhir.

"Sudah dilakukan tes swab dua kali, saat ini masih menunggu hasil swab kedua untuk memastikan ia terinfeksi Covid-19," ujarnya.

Rencananya RI akan dikebumikan sesuai prosedur penanganan jenazah Covid-19 di Makam Sarangan, Jalan Pramuka Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang dengan pengiringan ketat oleh tim protokol jenazah Covid-19.

Dirinya berharap warga sekitar pemakaman tidak menolak jenazah RI sebagai bentuk penghormatan bagi pejuang medis yang rela berkorban demi melawan Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com