Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Positif Covid-19 di Grobogan Berbohong, 20 Pegawai RSUD Purwodadi Rapid Test Ulang

Kompas.com - 15/04/2020, 20:30 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Khairina

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Seorang warga Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah dinyatakan positif terpapar virus Corona (Covid-19) ternyata juga memberikan keterangan yang tidak jujur kepada tim medis RSUD dr Soedjati Soemodiardjo Purwodadi, Grobogan.

Belakangan, ia mengaku berprofesi sebagai kuli bangunan yang baru saja mudik dari Jakarta.

"Akibat berbohong, sekitar 20 pekerja RSUD dr R Soedjati Soemodiardjo Purwodadi dalam waktu dekat akan menjalani rapid test ulang," kata Direktur RSUD dr Soedjati Soemodiardjo Purwodadi, Bambang Pujiyanto, Rabu (15/4/2020).

Baca juga: Pemkab Gunungkidul Gandeng Penjahit Lokal, Siapkan 200 Ribu Masker Kain

Dijelaskan Bambang, pasien Covid-19 berusia 43 tahun ini, sempat dirawat di RSUD Purwodadi pada akhir Maret 2020 karena menderita batuk, demam, dan sedikit sesak napas.

Dalam pemeriksaan, yang bersangkutan berbohong ketika memberikan keterangan pada petugas medis. Ia mengaku tidak pernah pergi ke daerah berstatus zona merah Covid-19. 

Dari keterangan inilah, pasien tersebut selanjutnya dirawat di salah satu kamar perawatan yang ada di bangsal Nusa Indah.

Selama dirawat, pasien ini juga ditangani dokter spesialis penyakit dalam. Kemudian, kondisinya juga diobservasi lebih lanjut oleh dokter spesialis paru. 

Dari pemeriksaan dokter spesialis ini muncul kecurigaan sehingga pasien tersebut kemudian di-rapid test pada awal April 2020 dan hasilnya ada reaktif virus. Pasien itu selanjutnya dipindahkan ke ruang isolasi.

"Usai rapid test, pasien ini akhirnya mengaku ternyata baru pulang dari Jakarta bekerja di proyek bangunan. Sepulang dari Jakarta ia sakit," ungkap Bambang.

Baca juga: Imbas Corona, Pelayaran Kapal Penumpang ke Baubau Dihentikan Sementara

Setelah itu, sekitar 20 pegawai RSUD dr Soedjati Soemodiardjo Purwodadi akhirnya juga di-rapid test dan hasilnya non reaktif semua.

Mereka ini adalah pegawai yang sempat kontak langsung dengan pasien tersebut sebelum dipindahkan ke ruang isolasi.

Beberapa hari kemudian setelah dirawat di ruang isolasi, pasien ini kondisinya sehat dan diperbolehkan pulang pada Rabu (8/4/2020) untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

Namun, sebelum pulang, yang bersangkutan sempat diambil sampel lendirnya untuk diuji laboratorium. Kemudian pada hari ini, hasil uji swab keluar dan pasien dinyatakan positif Covid-19. 

"Yang bersangkutan patuh menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Hanya saat periksa awal dulu, ia tidak bilang kalau baru pulang dari daerah zona merah. Hari ini sudah kami jemput untuk dirawat," jelas Bambang.

Terkait dengan kondisi itu, pihaknya akan melakukan rapid test ulang terhadap sekitar 20 pegawai RSUD Purwodadi.

Meski sebelumnya, mereka ini memang sudah menjalani dan hasilnya non reaktif.

"Sekitar 20 pegawai RSUD dr Soedjati Soemodiardjo akan kita rapid test lagi menyusul hasil uji swab yang menyatakan kalau pasien ini terkonfirmasi positif Covid-19," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, dr Slamet Widodo menambahkan, selain pegawai RSUD dr Soedjati Soemodiardjo pihaknya juga akan melakukan tracing kepada siapa saja yang sebelumnya pernah kontak dengan yang bersangkutan.

 "Akan kita tracing baik keluarga, kerabat dan tetangga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com