Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik, Pasien 01 dan 02 Positif Corona di Kepri Dinyatakan Sembuh

Kompas.com - 02/04/2020, 14:38 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tjetjep Yudiana memberikan kabar baik terkait kondisi terkini pasien positif corona di Kepri.

Ia mengatakan pasien 01 dan 02 yang positif corona atau positif Covid-19 di Kepri akhirnya diyatakan sembuh dan saat ini dalam kondisi sehat.  

Hal ini setelah berdasarkan hasil tes follow up kedua yang hasilnya adalah negatif corona bagi kedua pasien. Sedangkan hasil follow up pertama sebelumnya juga negatif.

Dengan demikian sesuai kriteria, pasien positif pertama dan kedua ini di Kepri ini dapat dinyatakan sembuh dan bebas dari Covid-19.

“Setelah sekian lama menunggu, akhirnya pasien pertama dan kedua positif covid-19 dinyatakan sembuh,” kata Tjetjep kepada Kompas.com melalui telepon, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Saat Jokowi Mendadak Tinjau Pelabuhan Batam Centre, Respons Kerisauan Soal 33.000 TKI Masuk Kepri

Menurut Tjetjep, setelah dinyatakan sembuh, pasien 01 dan 02 kini bisa kembali berinteraksi di lingkungan masyarakat di tempat tinggal mereka masing-masing.

Tjetjep menambahkan, pasien 01 adalah pasien asal Tanjungpinang yang dirawat di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Raja Ahmad Thabib.

Sedangkan 02 yakni pasien asal Kabupaten Karimun yang dirawat di Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani.

“Dengan dinyatakannya sembuh kedua pasien ini, tentunya di Kota Tanjungpinang saat ini tinggal dua orang yang dinyatakan positif, sedangkan Kabupaten Karimun tidak ada lagi alias nihil,” jelas Tjetjep.

Baca juga: UPDATE 1 April, Pasien Positif Corona di Kepri Bertambah Jadi 7 Orang

Lebih jauh Tjetjep mengatakan, sebelumnya ada tujuh pasien yang dinyatakan positif corona, yakni pasien 01 di Tanjungpinang (sembuh), pasien 02 dari Karimun (sembuh), pasien 03 dari Batam (meninggal dunia).

Pasien 04 dari Batam, pasien 05 dari Batam (meninggal dunia), pasien 06 dari Tanjungpinang dan pasien 07 juga dari Tanjungpinang.

Pasien 01 yang merupakan seorang pria berusia 75 tahun. Ia sebelumnya dinyatakan positif setelah pulang dari Johor Malaysia. Kepergiannya ke Johor dalam rangka memeriksakan kesehatannya di salah satu RS di sana.

Sementara untuk pasien 02 yang berasal dari Kabupaten Karimun juga merupakan laki-laki berusia 45 tahun.

Pasien 02 ini juga memiliki riwayat pernah berkunjung ke Malaysia dan setibanya di Karimun pasien megeluhkan batuk bahkan sempat batuk darah. Ia kemudian dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani.

Baca juga: TKI Berpotensi Menumpuk di Kepri jika Daerah Lain Lockdown Lokal, Gubernur: Pak Menteri Kami Mohon Solusi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com