Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ODP Corona Meningkat, Ketersediaan Lokasi Karantina di Kepri Minim

Kompas.com - 20/03/2020, 18:05 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) melalui Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mengaku kewalahan dalam menangani orang dalam pemantauan (ODP) di Kepri.

Pasalnya saat ini jumlah ODP per harinya terus bertambah, sementara tempat karantina untuk ODP di Kepri sangat terbatas.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, TS Arif Fadillah yang juga sebagai ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri mengatakan, dari laporan gugus kesehatan bahwa saat ini mengalami kekurangan tempat untuk mengarantina dan mengisolasi warga yang berstatus ODP ataupun pasien dalam pengawasan (PDP).

Baca juga: Kepri Darurat Virus Corona, Masyarakat Diminta Tidak Keluar Rumah

Terlebih di Tanjungpinang, di mana rumah singgah RSUP Kepri Raja Ahmad Tabib telah dialihfungsikan sebagai lokasi karantina.

"Fasilitas rumah singgah RSUP Kepri Raja Ahmad Thabib memiliki 38 kamar dan saat ini sudah menjadi sebagai lokasi karantina," kata Arif melalui telepon, Jumat (20/3/2020).

Arif mengakui fasilitas yang ada di Tanjungpinang memang belum cukup. Namun hal itulah yang sedang dicarikan solusinya seiring meningkatnya jumlah ODP di Kepri saat ini.

Kendati demikian hasil rapat bersama Satuan Gugus Tugas, sebut Arif menghasilkan sejumlah opsi yang direncanakan akan dijadikan tempat karantina, seperti Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Senggarang, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) serta Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemprov Kepri.

Selain itu, tambah Arif, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polda Kepri untuk mencari hotel yang kosong di kawasan Trikora, Kabupaten Bintan yang bisa dijadikan sebagai lokasi karantina.

"Karena hotel lebih memudahkan kami melakukan pemantauan, menjelang rumah sakit di Galang siap," papar Arif.

Berdasarkan data yang diperoleh pada Senin, 16 Maret 2020, dari yang sebelunnya total ada 117 ODP  dan 31 PDP, sejak Kamis (19/3/2020) petang kemarin, bertambah menjadi total 144 ODP dan 42 PDP.

Baca juga: Dinkes Kepri: Pasien Positif Corona di Kepri Bertambah, Total Ada 3

Bahkan tiga orang telah dinyatakan positif, yakni pasien 01 terdapat di Tanjungpinang, pasien 02 di Karimun dan 03 di Batam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com