Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Nataru, Rest Area di 3 Ruas Tol di Jatim Sediakan Gerai Penukaran Uang

Kompas.com - 20/12/2019, 06:18 WIB
Achmad Faizal,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Bank Indonesia bekerjasama dengan enam bank yang merupakan pelat merah dan swasta, membuka layanan penukaran uang di tiga ruas tol di Jawa Timur.

Penukaran uang bisa dilakukan di delapan gerai rest area.

Di ruas Tol Jombang - Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer, gerai penukaran uang ada di Rest Area KM 678 A, Rest Area KM 678 B, dan Rest Area KM 695 A.

Sementara di ruas Tol Surabaya Mojokerto sepanjang 36,27 kilometer, gerai penukaran uang terdapat di Rest Area KM 725 A, Rest Area KM 726 B, dan Gerbang Tol Warugunung.

Adapun di ruas Tol Surabaya Gempol sepanjang 46,55 kilometer, gerai penukaran uang ada di Rest Area km 754 A, dan Rest Area km 753 B.

"Gerai penukaran uang di delapan titik rest area akan dibuka sejak Sabtu 21 Desember 2019 mendatang," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, Amanlison Sembiring, Kamis (19/12/2019) malam.

Baca juga: Penukaran Uang Bisa Dilakukan di Jalur Mudik, Ini Daftarnya

Bekerjasama dengan enam bank yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, dan BPD Jatim, Bank Indonesia cabang Jawa Timur juga menggelar layanan gerak perbankan untuk top-up uang elektronik.

Layanan tersebut dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00, atau sampai habisnya modal.

Bank Indonesia Jawa Timur, kata Amanlison, dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 menyiapkan uang sebesar Rp 9,134 triliun.

Uang tersebut disebar melalui sejumlah layanan seperti outlet penukaran uang di 52 outlet perbankan sejak 19 hingga 31 Desember 2019, serta layanan penukaran di Terminal Purabaya pada tanggal 19, 20 dan 23 Desember 2019.

Meski menyediakan uang tunai, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan alat pembayaran non tunai dalam bertransaksi.

"Dengan alat pembayaran non tunai, transaksi lebih mudah, efisien dan pastinya lebih aman," ujar dia.

Baca juga: Ada Aksi Massa, Layanan Penukaran Uang di Monas Tutup Sementara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com