Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

85 Lokasi Penukaran Uang Dibuka di Sulawesi Selatan hingga 5 Juni

Kompas.com - 10/05/2019, 21:02 WIB
Himawan,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) membuka 85 lokasi penukaran uang di sejumlah kabupaten di Sulsel, Jumat (10/5/2019).

Lokasi penukaran uang ini dibuka oleh Biro Ekonomi Pemprov Sulsel dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sulsel bersama perbankan di Kota Makassar.

85 lokasi tersebut tersebar di kabupeten di Sulawesi Selatan yang terdiri dari 54 bank dan retail serta swalayan di Sulsel. 

"Salah satu tradisi masyarakat di bulan Ramadan menyambut Hari Raya Idul Fitri adalah dengan melakukan penukaran pecahan uang baru untuk dibagi-bagikan kepada sanak keluarga," kata Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah saat membuka kegiatan penukaran uang di lapangan upacara Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (10/5/2019).

Baca juga: Catat, Ini Rest Area di Jawa Tengah yang Layani Penukaran Uang

Nurdin mengatakan kolaborasi dengan Bank Indonesia dan seluruh perbankan di Sulsel untuk menghindari penukaran uang yang dilakukan para calo yang dapat merugikan masyarakat.

Dengan begitu, kebutuhan uang dalam pecahan kecil juga bisa dirasakan masyarakat.

Terkhusus di kota Makassar, terdapat 11 titik tempat penukaran uang dan dilaksanakan lebih awal di hari kelima puasa.

"Ini sudah disiapkan layanannya. Mau uang besar atau uang kecil, jangan lagi kita ke calo, karena uang ini menjadi kebutuhan. Biasalah ini menjadi tradisi ke anak-anak kita untuk membagi-bagikan uang," ujar Nurdin.

Baca juga: Jelang Lebaran, Ada 17 Tempat Layanan Penukaran Uang di Jalan Tol Jatim

Nurdin mengungkapkan, Sulawesi Selatan saat ini merupakan pusat perekonomian di kawasan Indonesia Timur.

Ini berdasarkan data BPS yang menyebut pertimbuhan ekonomi Sulsel pada Triwulan I tahun 2019 naik hingga 6,56 persen. Pertumbuhan ekonomi dalam dunia usaha dan sektor konsumsi ini meningkat di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk itu mantan Bupati Bantaeng ini mengimbau masyarakat untuk menukarkan langsung uangnya di lembaga perbankan atau mendatangi mobil yang dijadikan lokasi penukaran uang.

"Mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan uang pecahan baru," ujarnya.

Lokasi penukaran uang di Makassar dibuka mulai hari ini. Sedangkan di kabupaten lain dibuka mulai Senin pekan depan hingga 5 Juni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com