Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Lilin Lodaya 2019, Kawasan Puncak Jadi Prioritas

Kompas.com - 19/12/2019, 19:49 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - Sebanyak 1.000 pasukan gabungan dari unsur TNI/Polri, Satpol, Damkar, PMI, Dishub dan Pramuka siap amankan momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah Kabupaten Cianjur.

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto bertekad memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan merayakan hari Natal dan malam pergantian tahun baru.

"Ada 1.115 personel gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan, termasuk mendirikan 12 pos pengamanan dan enam pos pelayanan yang kita sebar di sejumlah titik lokasi," kata Juang usai gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 di halaman Polres Cianjur, Kamis (19/12/2019).

Juang menyebutkan,  kawasan Puncak dan sekitarnya masih menjadi prioritas (pengamanan), terutama terkait potensi kerumunan dan peningkatan volume kendaraan.

Baca juga: Awal Oktober, Kawasan Puncak Bogor Rawan Bencana Longsor, Angin Kencang hingga Puting Beliung

"Kerawanan di kawasan Puncak adalah potensi kemacetan lalu lintas yang tinggi. Karena itu, rekayasa jalan akan dilakukan nanti," katanya.

Bahkan, khusus untuk momen malam pergantian tahun, Polres Cianjur akan melakukan pengalihan arus kendaraan yang akan menuju Puncak, baik yang masuk dari arah Cianjur maupun dari Bogor.

"Kendaraan dari Cianjur yang akan menuju Bogor akan dialihkan lewat jalur alternatif Jonggol atau melalui Sukabumi. Rencana ini akan diberlakukan pada 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020," ujar dia.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama menambahkan, pengalihan arus kendaraan khusus dari arah Cianjur akan dilakukan mulai dari Pos 8 Cepu atau bunderan Tugu Lampu Gentur.

Jajarannya sendiri telah berkordinasi dengan Polres Bogor dan Polres Sukabumi terkait dengan rencana pengalihan arus kendaraan dan rekayasa lalu lintas tersebut.

"Tim urai juga akan ditempat di titik-titik rawan kemacetan. Jika ada potensi (kemacetan) tim gabungan ini akan langsung bergerak untuk menanggulangi," ucapnya.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Pilih Medan sebagai Pusat Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com