Salin Artikel

Operasi Lilin Lodaya 2019, Kawasan Puncak Jadi Prioritas

Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto bertekad memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan merayakan hari Natal dan malam pergantian tahun baru.

"Ada 1.115 personel gabungan yang dilibatkan untuk pengamanan, termasuk mendirikan 12 pos pengamanan dan enam pos pelayanan yang kita sebar di sejumlah titik lokasi," kata Juang usai gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 di halaman Polres Cianjur, Kamis (19/12/2019).

Juang menyebutkan,  kawasan Puncak dan sekitarnya masih menjadi prioritas (pengamanan), terutama terkait potensi kerumunan dan peningkatan volume kendaraan.

"Kerawanan di kawasan Puncak adalah potensi kemacetan lalu lintas yang tinggi. Karena itu, rekayasa jalan akan dilakukan nanti," katanya.

Bahkan, khusus untuk momen malam pergantian tahun, Polres Cianjur akan melakukan pengalihan arus kendaraan yang akan menuju Puncak, baik yang masuk dari arah Cianjur maupun dari Bogor.

"Kendaraan dari Cianjur yang akan menuju Bogor akan dialihkan lewat jalur alternatif Jonggol atau melalui Sukabumi. Rencana ini akan diberlakukan pada 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020," ujar dia.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama menambahkan, pengalihan arus kendaraan khusus dari arah Cianjur akan dilakukan mulai dari Pos 8 Cepu atau bunderan Tugu Lampu Gentur.

Jajarannya sendiri telah berkordinasi dengan Polres Bogor dan Polres Sukabumi terkait dengan rencana pengalihan arus kendaraan dan rekayasa lalu lintas tersebut.

"Tim urai juga akan ditempat di titik-titik rawan kemacetan. Jika ada potensi (kemacetan) tim gabungan ini akan langsung bergerak untuk menanggulangi," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/12/19/19493331/operasi-lilin-lodaya-2019-kawasan-puncak-jadi-prioritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke