Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Natal, Hotel di Solo Ciptakan Kastil dari Kue Sempe dan Opak Angin

Kompas.com - 13/12/2019, 15:12 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Replika kastil Natal berdiameter 200 cm dan tinggi 180 cm terpasang di lobi Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/12/2019).

Uniknya, tempat Sinterklas tinggal sebelum malam Natal untuk berkeliling dunia membagikan hadiah tersebut terbuat dari bahan kue tradisional.

Chef sekaligus tim art Sunan Hotel Solo, Boedi Prasetyo, mengatakan, pembuatan kastil Natal berbahan kue tradisional untuk menyemarakkan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Perayaan Natal tahun ini kita ingin menampilkan kreasi unik berupa Christmas Castle dari bahan kue sempe dan opak angin," katanya ditemui di sela membuat kastil Natal, Jumat.

Baca juga: Mahfud MD Minta Polisi Tegas terhadap Segala Ancaman Saat Natal dan Tahun Baru

Kue sempe dan opak angin merupakan makanan langka. Opak angin terbuat dari bahan beras ketan yang tidak digiling dan dicampur sedikit gula. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan lembut.

Sedang kue sempe terbuat dari tepung tapioka dan gula. Memiliki rasa renyah dan manis. Kue sempe sendiri berbentuk bundar tipis dan rasanya manis.

Biasanya, kue sempe sebagai pelengkap makanan arumanis seperti gulali, namun juga bisa dinikmati secara langsung seperti kripik atau krupuk.

"Kita menghabiskan opak angin sekitar 3 kilogram dan kue sempe 4 kilogram. Penyusunan kue ini menggunakan cokelat," urainya.

Baca juga: Mahfud MD Ungkap Kerawanan Jelang Natal dan Tahun Baru, Apa Saja?

Proses pembuatan kastil Natal membutuhkan waktu lima hari. Lamanya waktu pembuatan itu dikarenakan ruangan ber-AC sehingga gulali yang dipakai merekatkan kue sempe dan kue opak angin cepat mengkristal.

"Ada empat orang yang kita libatkan membuat kastil Natal. Mulai dari pembuatan pondasi sampai penempelan bahan kue," tambahnya.

Pihaknya berharap, kastil Natal dapat menarik perhatian para tamu yang menginap di hotel. Para tamu juga bisa memanfaatkan kastil Natal untuk berswafoto atau selfie.

Kastil Natal tersebut dipasang di lobi hotel yang terletak di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan hingga Tahun Baru 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com