Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi Kereta Api Anjlok Rampung, Perbaikan Rel Selesai Hari Ini

Kompas.com - 13/12/2019, 05:35 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

 

BLORA, KOMPAS.com - Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, menyampaikan, target perbaikan kerusakan jalur rel akibat anjloknya kereta api barang di Stasiun Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, rampung pada Jumat (13/12/2019) dini hari. 

Sementara itu, upaya evakuasi sejumlah gerbong kereta api barang yang terguling dari jalur II itu sudah teratasi lima jam sejak dimulai perbaikan atau pada pukul 22.00 WIB.

"200-an petugas bekerja ekstra dan dini hari ini sudah selesai perbaikan rel," kata Krisbiyantoro, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (12/12/2019).

Baca juga: Kereta Api Pengangkut Semen Anjlok di Blora, 10 Gerbong Terguling

Krisbiyantoro menuturkan, di kawasan Stasiun Doplang terfasilitasi 4 jalur rel Kereta Api.

Namun, salah satu jalur di antaranya rusak parah akibat insiden terhempasnya sejumlah gerbong yang mengangkut semen itu.

"Jalur rel yang rusak dan tak bisa dilalui yaitu jalur II. Dan kami menargetkan Jumat dini hari sudah rampung dan bisa dioperasikan kembali," terang Krisbiyantoro.

Imbas dari anjloknya kereta api yang mengangkut 1.136 ton semen itu memaksa PT KAI menutup sementara jalur II Stasiun Doplang.

Meski demikian, di emplasemen Stasiun Doplang tetap masih dapat digunakan untuk operasional KA baik dari arah barat maupun timur.

Pola operasi yang digunakan adalah pengoperasian jalur tunggal yang masih berfungsi yaitu jalur hilir.

Baca juga: Kereta Api Pengangkut Semen dari Jakarta ke Surabaya Anjlok di Blora

"Pastinya berdampak pada terganggunya perjalanan sejumlah kereta api, namun teratasi karena ada jalur lain. Jumat dini hari semua sudah normal kembali," pungkas dia.

Untuk diketahui, kereta api barang angkutan semen anjlok tak jauh dari Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Jawa tengah, Kamis (12/12/2019) pukul 11.18 WIB.

KA yang melaju dari Stasiun Kampung Bandan, Jakarta menuju Stasiun Kalimas, Surabaya, tergelincir hingga keluar dari jalur rel di KM 52+926 tepatnya di jalur II Stasiun Doplang.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal KA barang yang menarik 20 gerbong berisi semen dengan berat 1.136 ton itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com