Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikon Padang Kota Tercinta Seharga Rp 6,37 Miliar Hangus Terbakar

Kompas.com - 30/11/2019, 12:14 WIB
Perdana Putra,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Ikon kota Padang, Padang Kota Tercinta, yang terletak di Gunung Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat hangus terbakar pada Sabtu (30/11/2019) sekitar pukul 06.00 WIB.

Tulisan yang dibangun pada tahun 2017 dengan anggaran sekitar Rp 6,37 miliar itu diduga terbakar akibat arus pendek.

"Terbakar sekitar pukul 06.00 WIB tadi yang diduga karena arus pendek," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/11/2019).

Arfian mengatakan, akibat kebakaran itu diperkirakan kerugian sekitar Rp 200 juta.

Baca juga: Lima Kecamatan di Padang Pariaman Dilanda Banjir dan Longsor

Arfian juga menyebutkan, ikon tersebut masih belum diserahterimakan dari Dinas PU sehingga pihaknya berharap ikon itu dibangun kembali.

"Belum diserahterimakan dari Dinas PU ke Dinas Pariwisata. Kita berharap dibangun lagi dan baru diserahterimakan," jelas Arfian.

Ikon Padang Kota Tercinta dibangun mirip dengan ikon nya Hollywood di Amerika yang terbentang di perbukitan.

Dibangun dengan menggunakan baja berat WF HBM dengan tinggi konstruksi huruf “Padang” 10 meter dan “Kota Tercinta” 5 meter. Total berat baja keseluruhan lebih kurang 40 ton.

Konstruksi tagline itu ditutup dengan lembaran akrilik bagian depan, dan bagian belakang dengan Alu Carbon. Di dalamnya dipasang lampu LED dan di luarnya dipasang lampu sorot.

Kompas TV Berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara Kualitas Udara di Kota Palembang berada pada level tidak sehat. Kondisi udara yang buruk ini disebabkan belum padamnya kebakaran lahan di sejumlah wilayah. Di wilayah Ogan Komering Ilir terdapat 200 titik panas yang terdereksi. Hingga Selasa (15/10/2019) siang jarak pandang di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, Sumatera Selatan akibat kabut asap hanya berjarak 500 meter. Akibat kondisi ini 1 penerbangan dari Pangkal Pinang mengalami penundaan. Jarak padang yang aman yang direkomendasikan untuk penerbangan yakni minimal 800 meter. #KabutAsap #Palembang #KebakaranHutan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com