Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Surakarta Ajukan 407 Formasi CPNS 2019, Ini Rinciannya

Kompas.com - 10/11/2019, 10:53 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta mengajukan 407 formasi untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019.

Jumlah tersebut terdiri dari tenaga pendidikan 147 formasi, kesehatan 135 dan sisanya tenaga teknis di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta, Rakhmat Sutomo menyampaikan, formasi yang diajukan pada CPNS tahun ini sama seperti tahun sebelumnya.

Baca juga: Pemkab Jombang Buka Lowongan 378 CPNS, 200 Formasi untuk Guru

Meski belum memenuhi kebutuhan, paling tidak formasi CPNS Surakarta yang diajukan tersebut bisa menutup kekurangan ASN.

"Jumlah itu belum memenuhi kebutuhan. Karena jumlah pegawai yang pensiun setiap tahun ada sekitar 400 orang," katanya ditemui di Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/11/2019).

Rakhmat menyebut, jumlah ASN di lingkungan Pemkot Surakarta ada sebanyak 6.000 orang. Dari jumlah itu, 50 persen atau sekitar 3.000 ASN adalah tenaga pendidikan.

"Tenaga pendidikan sudah cukup. Justru yang banyak kosong itu pelaksana. Banyak yang sudah pensiun," terang dia.

Direncanakan, pembukaan CPNS 2019 Kota Solo dimulai Senin (11/11/2019) hingga sepekan ke depan. Adapun seleksi dasar akan dilaksanakan pada awal tahun 2020.

Baca juga: Cegah Kekacauan Tes CPNS, Jateng Siapkan Simulasi

Pihaknya akan menyediakan 250-300 unit komputer untuk pelaksanaan ujian seleksi CPNS. Peserta akan dibagi menjadi lima gelombang per hari.

"Program dan sistem seleksi dari BKN. Untuk lokasi ujian seleksi kita nanti akan dilaksanakan di Solo Tachnopark," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com