Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momentum Sumpah Pemuda, Polres Cianjur Luncurkan Kang Bhabin

Kompas.com - 28/10/2019, 11:24 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

 CIANJUR, KOMPAS.com - Peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas pelayanan polisi kepada masyarakat.

Kehadiran Bhabinkamtibmas untuk menciptakan situasi yang aman, damai, kondusif dan sejuk.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto menegaskan hal tersebut saat meluncurkan program Kang Bhabin di Lapangan Prawatasari, Joglo, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019).

Baca juga: Tonjolkan Keberagaman, PNS Gresik Upacara Sumpah Pemuda dengan Pakaian Adat

"Kang Bhabin ini merupakan terobosan dan inovasi Polres Cianjur dalam upaya mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas," kata Juang kepada wartawan di sela acara, Minggu.

Tujuan diluncurkannya Kang Bhabin ini semata-mata untuk semakin menegaskan peran dan fungsi Bhabinkamtibmas di tingkat desa dan kelurahan.

"Selain tetap melaksanakan tugas utamanya, Kang Bhabin ini akan melakukan pembinaan terhadap pocil (polisi cilik) desa sebagai bagian dari upaya menanamkan budaya kamtibselcarlantas sejak dini," kata Juang.

Selain itu, Kang Bhabin juga akan menjadi yang terdepan dalam mengkampanyekan safety riding atau keselamatan dalam berkendara.

“Bertugas hingga menjangkau ke pelosok desa terpencil, demi menanamkan etika berlalu lintas guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas dalam upaya menekan angka kecelakaan,” tuturnya.

Juang berharap, kehadiran Kang Bhabin di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan dampak positif terhadap kemahiran berkendara, termasuk dalam menanamkan etika berlalu lintas sedari dini.

"Selama ini banyak pemohon SIM yang gagal tes. Maka dari itu, kang Bhabin ini nanti akan melatih dulu atau melakukan simulasi ujian SIM dengan alat seadanya di masing-masing tempat," ujarnya.

Di kesempatan itu, Juang menyematkan ikat kepala sebagai simbolis ikonik Kang Bhabin kepada tiga orang Bhabinkamtimbas berprestasi, yakni Aiptu Yayan (Bhabinkamtibmas Desa Ciloto, Pacet), Bripka Jaya (Bhabinkamtibmas Desa Sukajadi, Cibinong) dan Bripta Ugun Wahyudin (Bhabinkamtibmas Desa Ciherang, Karangtengah).

Figur Kang Bhabin ini sendiri mengusung spirit kemakmuran, kesejahteraan, nasionalisme serta persatuan dan kesatuan.

Nilai-nilai itu direpresentasikan dalam simbol, logo, seragam dan ikat kepala motif batik bercorak merah-putih yang akan selalu dikenakan saat menjalankan tugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com