Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Gaura, Cokelat Asal Sumba NTT yang Ikut Pameran Terbesar Dunia di Paris

Kompas.com - 28/10/2019, 05:45 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Khairina

Tim Redaksi


KUPANG, KOMPAS.com - Gaura, sebuah merek cokelat asal Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang diproduksi oleh PT Timor Mitra Niaga, akan mengikuti pameran cokelat terbesar dunia yaitu Salon du Chocolat 2019, yang akan berlangsung di Paris Expo Porte de Versailles - Perancis.

"Kegiatan pameran cokelat terbesar di dunia ini, akan berlangsung pada 30 Oktober hingga 3 November 2019 mendatang,"ujar Direktur Pemasaran PT Timor Mitra Niaga, Bobby Lianto kepada Kompas.com, Minggu (27/10/2019).

Menurut Bobby, Gaura merupakan produksi cokelat pertama oleh perusahaan mereka dan peluncuran pun digelar di Paris.

Baca juga: Tertib Berlalu Lintas, Pengendara di Kebumen Diberi Hadiah Cokelat

Dalam peluncuran itu, lanjut Bobby, akan dihadiri langsung oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Bobby menjelaskan, Salon du Chocolat adalah pameran cokelat paling bergengsi di dunia, yang selalu dilaksanakan hanya di beberapa-kota besar seperti Paris, Tokyo, New York dan Moskow.

Yang terbesar dari semuanya adalah di Paris, karena lebih dari 500 produsen cokelat dari seluruh dunia akan memamerkan produk cokelatnya.

Bobby mengatakan, PT Timor Mitra Niaga adalah perkebunan besar swasta nasional di bidang kakao, yang selama ini sudah lebih dari 25 tahun menggeluti perkebunan di bidang kakao.

Baca juga: Mengenal Cita Rasa Cokelat Specialty dari 5 Daerah di Indonesia

Selama ini, kata Bobby, pihaknya telah memproduksi biji kakao fermentasi dengan kualitas terbaik yang telah dieksport sampai ke Eropa.

Pada tahun 2015 lalu, biji kakao asal Sumba ini mendapat penghargaan International Cocoa of Excellence, sebagai salah satu biji kakao terbaik di dunia.

Namun, baru kali ini, lanjut Bobby, pihaknya memproduksi cokelat dan diberi merek Gaura sesuai dengan nama lokasi perkebunan tersebut.

Akan ada tiga produk cokelat yang diluncukan yaitu Dark Chocolate 60 persen, Dark Chocolate 80 persen dan Moringa Chocolate

Pameran Salon Du Chocolat kali ini atas undangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Paris.

"Melalui Coklat Gaura ini, kami akan mempromosikan Pulau Sumba dan NTT di kancah International,"kata Bobby.

"Kami mohon dukungan dan doa restu atas rencana peluncuran tersebut. Dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT, Bapak Gubernur dan juga Ibu Julie Laiskodat yang telah mendukung kami, serta Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, Bupati dan Wakil Bupati serta jajarannya,"sambung Bobby.

Bobby pun berharap agar pasar biji kakao dan cokelat asal NTT, bisa terbuka luas secara internasional.

"Harapan kita, tentu bisa ekspor semakin banyak dan luas, serta masyarakat luas bisa tahu bahwa ada cokelat kakao terbaik di dunia yang berasal dari pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia,"tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com