Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertib Berlalu Lintas, Pengendara di Kebumen Diberi Hadiah Cokelat

Kompas.com - 24/10/2019, 13:00 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Cara unik dilakukan jajaran Polres Kebumen, Jawa Tengah, dalam Operasi Zebra Candi 2019.

Memasuki hari kedua operasi, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memimpin sekaligus memantau langsung pelaksanaan razia di Jalan Pahlawan, tepatnya di depan kantor DPRD Kebumen, Kamis (24/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Rudy membagikan cokelat kepada para pengguna jalan yang melintas. Cokelat diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengendara yang tertib berlalu lintas.

"Pemberian cokelat ini merupakan wujud ucapan terima kasih Polres Kebumen kepada masyarakat Kebumen yang telah menerapkan budaya tertib berlalu lintas," kata Rudy saat dihubungi, Kamis.

Baca juga: Operasi Zebra, Polisi Tegur Pengendara Motor yang Pakai Helm Terbalik

Razia yang digelar bersama Kodim 0709/ Kebumen, Dinas Perhubungan (Dinhub), dan Jasa Raharja Kabupaten Kebumen ini diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk tertib lalu lintas.

"Kami mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," ujar Rudy.

Lebih lanjut, Rudy memerintahkan agar dalam penegakan hukum dilakukan dengan cara humanis.

"Hindari tindakan arogan yang tidak mencerminkan seorang pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Tunjukkan perilaku simpatik, namun tegas serta tidak mencari kesalahan para pelanggar. Utamakan pelayanan prima yang anti-KKN dan anti-kekerasan," kata Rudy.

Baca juga: 20 Truk Tonase Kena Tilang karena Masuk Kota di Pekanbaru

Dalam operasi tersebut ada delapan prioritas pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak dan ditilang, antara lain penggunaan ponsel saat berkendara, helm, sabuk pengaman, dan memasang lampu rotator yang bukan peruntukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com