Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Gunung Tangkuban Parahu Normal, Ridwan Kamil: Kita Viralkan

Kompas.com - 22/10/2019, 09:46 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung kembali dibukanya Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu setelah Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan Tangkuban Parahu turun status dari Level II Waspada menjadi Level I normal.

"Kalau secara ilmiah dari PVMBG mengatakan aman maka kita akan viralkan agar wisatawan bisa kembali lagi ke sana. Setiap kemungkinan ilmiah bisa dibuka kembali pasti kita akan dukung. Saya akan rapatkan besok lusa. Nanti dikabari seperti apa," ungkap Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Selasa (22/10/2019).

Emil pun meminta masyarakat maklum lantaran dalam beberapa bulan terakhir wisatawan tak diperkenankan menikmati keindahan kawah di Gunung Tangkuban Parahu.

Baca juga: Status Normal, Pengelola TWA Tangkuban Parahu Langsung Buka Loket Kunjungan

 

Penutupan sementara Gunung Tangkuban tak lebih dari menjaga keselamatan wisatawan dari aktivitas gunung yang masih erupsi.

"Ya, daripada celaka mending kecewa. Tapi kita akan umumkan pada saat secara ilmiah itu bisa dibuka," jelasnya.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Tangkuban Perahu dari level II Waspada menjadi level I normal.

"Hari ini tanggal 21 Oktober 2019 terhitung sejak jam 09.00 WIB tadi Gunung Tangkuban Parahu dinyatakan turun dari level II waspada menjadi level I normal," kata Kepala PVMBG Kasbani di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Senin (21/10/2019).

Penurunan status Gunung Tangkuban Parahu berdasarkan pemantauan yang dilakukan PVMBG.

Menurut Kasbani, sejak satu bulan terakhir tidak ada lagi erupsi diikuti emisi abu, yang ada hanya asap putih ketinggian variasi, rata-rata 50 meter dari dasar kawah.

Baca juga: Status Normal, Gunung Tangkuban Parahu Bisa Kembali Dikunjungi

Dari pemantauan data instrumen baik dari seismik dan deformasi, gas yang dikeluarkan Gunung Tangkuban Parahu cenderung menurun stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com