Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Cari Rektor Periode 2020-2025, Siapa Saja Boleh Mendaftar, Ini Syaratnya

Kompas.com - 07/08/2019, 06:35 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepemimpinan Rektor Institute Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi akan segera berakhir Januari 2020 mendatang, untuk itu ITB membuka pendaftaran calon Rektor periode 2020-2025. 

Jumlah penjaringan pendaftar calon rektor sendiri tidak dibatasi, setiap warga negara Indonesia berhak mengikuti seleksi calon rektor ITB tersebut, hanya saja ada syarat tertentu yang harus terpenuhi.

Pendaftaran dibuka sejak tanggal 5 -30 Agustus 2019, para pendaftar dapat mendaftarkan dirinya di website http://rektorkita.itb.ac.id.

Baca juga: Anak Pengayuh Becak Lulusan ITB Dilamar Jadi Dosen Luar Biasa Untirta

"Rektor sekarang, januari 2020 akan segera berakhir. Kepemimpinan Pak Kadarsah telah memberikan kemajuan yang luar biasa di ITB. Tapi, karena jabatan beliau akan selesai maka kami akan lakukan penjaringan calon untuk Rektor ITB periode 2020-2025," kata Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB, Yani Panigoro d alam konferensi pers, di Gedung Annex, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Selasa (6/8/2019). 

Dikatakan, setelah pendaftar memasukan formulir yang diminta, TIM MWA ITB akan melakukan assesment seperti tes kesehatan, psikologi dan tes lainnya pada bulan September.

"Diharapkan rektor terpilih akhir November 2019. Karena berdasarkan aturan, rektor terpilih (periode 2020-2025) tiga bulan sebelum rektor lama berakhir," jelasnya.

Baca juga: ITB Buka Kembali Program Magang di BUMN

Dikatakan, pemilihan rektor ini akan dilakukan secara transparan kepada semua stakeholder baik ke ITB, alumni, masyarakat dan bangsa. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu jalannya pemilihan rektor. 

"Kami harus transparan, sehingga yang kontrol kami banyak, di intern ITB harus transparan, mencegah hal yang tidak diinginkan sehingga pemilihan rektor berjalan lancar sesuai keinginan bersama," pungkasnya. 

Baca juga: Hanif, Lulusan SMA yang Kuasai Pemrograman, Bersyukur Diterima di ITB

Sekretaris Eksekutif MWA ITB, Benhard Sitohang menambahkan, bagi pendaftar nantinya akan diminta untuk menyertakan surat pernyataan diri dengan format bermaterai sebagai persyaratan administratif calon.

Aneka syarat

Selain itu, pendaftar juga melengkapi persyaratan adminitrasi lainya seperti identitas diri, rekam jejak, hingga diminta memberikan pernyataan visi atau motivasi menjadi rektor yang harus ditulis tangan sendiri.

Syarat lainnya pendaftar harus berusia maksimal 60 tahun, hingga berpendidikan minimal S3. Untuk Jumlah pendaftar tidak dibatasi, Benhard mengatakan, bahwa setiap warga negara berhak ikut serta dalam pemilihan Rektor ITB ini.

"Jumlah pendaftar tidak ada batas, siapapun silahkan mendaftar, tapi setelah proses pendaftaran akan ada proses menyangkut pencalonan dan debat publik dan sebagainya" imbuhnya. 

Pelantikan sendiri akan dilakukan pada tanggal 20 Januari 2020, yakni bertepatan dengan 100 tahun ITB.  

Baca juga: Kata Mahasiswa ITB soal Polemik Quick Count Vs Real Count

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com