Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wagub Uu Tegaskan Jabar Punya Potensi Berdayakan Masjid

Kompas.com - 03/08/2019, 13:44 WIB
Mikhael Gewati

Editor


KOMPAS.com
- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Jabar sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia mempunyai potensi untuk memberdayakan masjid.

Terlebih lagi, Jabar punya infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

“Selain untuk syiar islam, masjid di Jabar harus jadi percontohan dalam pengelolaan yang profesional,” katanya usai membuka Pelatihan Manajemen Masjid Daarut Tauhid Peduli Priangan Timur di Kota Tasikmalaya, Sabtu (3/8/2019), sepeti dalam keterangan tertulisnya.

Asal tahu saja, berdasarkan data Kementerian Agama, terdapat 50.065 masjid, 38.062 Mushala, dan 8.428 Pondok Pasantren di seluruh Jabar.

Maka itu, Uu berharap dengan pelatihan itu, pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dapat menjaga nilai-nilai keislaman dan nilai-nilai kebangsaan umat.

Baca juga: Pemprov Jabar Ajak Milenial Lestarikan Seni Budaya Lokal

"DKM juga harus jadi agen pembangunan yang mengedepankan nilai-nilai demokratis, moderat dan toleran terhadap keberagaman budaya dan agama," ujarnya.

Selain itu, Uu juga menyatakan, DKM harus mampu menghadirkan gagasan-gagasa baru dalam mewujudkan misi Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar, yaitu menjadikan masjid sebagai pusat peradaban.

Menurut Uu, Pemdaprov Jabar telah mengeluarkan sejumlah program dalam rangka membentuk manusia yang bertakwa melalui peningkatan fungsi masjid, seperti Masjid Mengaji, English for Ulama, Satu Desa Satu Hafidz, Kredit Mesra, dan MTQ juara.

"Masjid masih menjadi katalisator bagi pembangunan di Jawa Barat," tutup Uu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com