Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Anak Nasional, Puluhan Siswa TK Diajak Tur Naik Kereta

Kompas.com - 23/07/2019, 17:05 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, PT KAI Daop V Purwokerto, Jawa Tengah, mengajak puluhan anak-anak dari sejumlah TK di Banyumas dan Purbalingga naik kereta api gratis, Selasa (23/7/2019).

Manager Humas PT KAI Daop V Purwokerto Supriyanto mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pembelajaran, agar anak-anak lebih mengenal dan memahami dunia kereta api sejak dini.

"Selain memberikan edukasi di stasiun, kami mengajak mereka naik KA Joglosemarkerto dari Stasiun Purwokerto menuju Stasiun Bumiayu, kemudian kembali dengan KA Sawunggalih dari Stasiun Bumiayu menuju Stasiun Purwokerto," kata Supriyanto melalui keterangan tertulis, Selasa.

Supriyanto mengatakan, KAI juga hadir di sekolah-sekolah yang dilewati jalur KA. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan wawasan untuk keselamatan perjalanan KA dan keselamatan anak-anak.

Baca juga: Serba-serbi Kereta Api hingga Hadiah Tur Mini untuk Penumpang Cilik

"Kami memberikan pengetahuan dan wawasan terkait dengan bahaya vandalisme, seperti pelemparan dan perusakan fasilitas KA, serta bahaya jika bermain atau beraktivitas di sekitar rel," ujar Supriyanto.

Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan, KAI secara bertahap terus memperlengkapi fasilitas dengan pelayanan ramah anak. Layanan tersebut antara lain berupa ruang menyusui dan area bermain anak yang tersedia di stasiun.

Fasilitas ruang menyusui, kata Supriyanto, sebagai bentuk dukungan KAI bagi para ibu untuk dapat menyusui bayi secara eksklusif, sehingga mampu meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak.

"Begitupun ruang bermain anak yang tersedia di beberapa stasiun, Salah satunya di Stasiun Purwokerto. Pengguna kereta api dapat memanfaatkan ruang bermain anak saat menunggu kedatangan kereta, sehingga anak-anak tetap nyaman saat menunggu keberangkatan," kata Supriyanto.

Baca juga: Hari Anak Nasional,18 Napi di LPKA Banda Aceh dapat Remisi dan Satu Bebas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com