Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pertemuan Jokowi dan Prabowo Diabadikan dalam Lukisan Seharga Rp 10 Juta...

Kompas.com - 16/07/2019, 18:06 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Sabtu pekan lalu, menginspirasi Kunara (58), pelukis asal Solo untuk membuat lukisan sketsa kedua tokoh nasional tersebut.

Menurut pelukis yang beraliran realisme ini, lukisan kedua tokoh nasional yang baru saja bersaing di Pilpres 2019 itu dibuat untuk menciptakan suasana politik di Indonesia menjadi sejuk.

Lukisan yang diberi judul "Rekonsilisasi Jokowi dan Prabowo" itu tampak keduanya duduk berdampingan.

"Waktu di MRT, Pak Jokowi dan Pak Prabowo bisa duduk berdampingan. Bahkan saling tegur dengan nada yang menyenangkan sehingga saya terinspirasi melukis beliau berdua," kata Kunara di Solo, Jawa Tengah, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Lukisan Jokowi Dibeli Mendagri, Pelukisnya Gembira Sekaligus Sedih

Lukisan sketsa Jokowi dan Prabowo bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat di level bawah, bahwa tidak ada lagi perpecahan dan permusuhan. Semua harus bersatu untuk membangun Indonesia.

"Karya ini saya buat spontan (on the spot) supaya tidak ada rekayasa. Kami mengambil sebuah foto di media sosial untuk acuan. Karena posisi beliau berdua di dalam MRT. Intinya saya sebagai seniman untuk mendukung beliau berdua ikut menyejukkan negeri," ucap Kunara.

Baca juga: Mesranya Jokowi dan Prabowo dalam Lukisan Seharga Rp 1 Juta...

Kunara membutuhkan waktu satu jam untuk dapat menyelesaikan karya lukisan sketsa Jokowi dan Prabowo. Lukisan itu mengambil warna sepia karena prosesnya lebih mudah dan cepat.

"Entah siapa yang ingin mengoleksi lukisan Jokowi dan Prabowo silakan. Kita patok harga Rp 10 juta untuk lukisan ini. Karena ini momen bukan sekedar lukisan biasa," paparnya.

Dia mengatakan, pernah karya lukisannya dibeli Jokowi sebelum menjadi wali kota Surakarta. Lukisan itu dipamerkan di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT). Saat itu dirinya melukis sketsa mantan Presiden Palestina Yasser Arafat.

"Pak Jokowi waktu itu masih di Asmindo. Beliau (Jokowi) saya undang untuk menyaksikan pameran lukisan saya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com