Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesranya Jokowi dan Prabowo dalam Lukisan Seharga Rp 1 Juta...

Kompas.com - 21/06/2019, 08:00 WIB
Caroline Damanik

Editor

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto bergandengan lalu mengangkat tangan bersama-sama.

Kemesraan saat deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 itu diabadikan Iwan Sulistyo (29), seorang pelukis muda di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, dalam lukisan pyrography karyanya.

"Saya menggambar ini sebagai pesan saja kalau kita harus tetap bersatu, jangan sampai terpecah belah pascapesta demokrasi kemarin," kata Iwan di Temanggung, Rabu (19/6/2019).

Baca juga: Moeldoko: Pertemuan Jokowi dan Prabowo Tidak Lama Lagi...

Pyrography adalah teknik melukis memakai bara api dengan medium kayu dengan menggunakan panas solder listrik dengan medium triplek.

Melukis teknik pyrography membutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi, tidak boleh ada kesalahan dalam proses pembuatan lukisan.

Dia menuturkan, lukisan yang diberi judul "Indonesia Bersatu" berukuran 40x60 sentimeter tersebut akan dijual Rp 1 juta. Iwan mengaku belum ada yang menawarnya karena belum dia tawarkan.

Menurut Iwan, melukis ulang gambar kemesraan Jokowi dan Prabowo ini hanya memiliki satu tujuan, yaitu jangan sampai Indonesia terpecah belah.

"Sebagai rakyat kecil kami ingin Indonesia lebih maju lagi, jangan sampai ada perpecahan," katanya.

Baca juga: Soal Tuduhan Prabowo-Sandi dalam Sidang MK, Begini Jawaban Jokowi

Pelukis otodidak ini mengaku menekuni karya lukis dengan teknik pyrography dalam satu tahun terakhir dan sudah puluhan lukisan yang dihasilkan.

Lulusan SMKN 1 Temanggung ini menyebutkan hasil karyanya, antara lain telah dibeli beberapa pecinta seni dari Kalimantan, Jakarta, dan Semarang.

"Hasil lukisan, kami jual antara Rp 200.000 hingga Rp 1 juta, tergantung ukuran dan tingkat kerumitan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com