Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Mudik Gesit Kompas: 2 Juta Kendaraan Bakal Padati Tol Tangerang Merak, Ini Strategi Pengelola Antisipasi Macet

Kompas.com - 27/05/2019, 07:26 WIB
Acep Nazmudin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Sebanyak dua juta kendaraan diprediksi bakal memadati tol Tangerang - Merak mulai H-7 hingga H+7 lebaran. Sementara puncak arus mudik, diperkirakan terjadi pada H-5 dan H-3 lebaran.

"Saat puncak arus mudik, diprediksi 173.900 kendaraan akan melintas di Tol Tangerang - Merak per hari," kata Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti (MMS), Krist Ade Sudiyono, kepada wartawan di Serang, Senin (27/5/2019).

Jumlah tersebut meningkat 19,3 persen dibandingkan dengan rata-rata lalu lintas harian yang berada di kisaran 145.749 kendaraan. Serta meningkat 15,69 persen dibandingkan puncak arus mudik tahun lalu, yakni sebanyak 162.900 kendaraan.

Baca juga: Tim Mudik Gesit Kompas: Ini 14 Lokasi Top Up Saldo E-Toll Sepanjang Tol Tangerang-Merak

Sebagai pengelola Jalan Tol Tangerang - Marak, PT MMS, kata Krist, sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kemacetan, di antaranya adalah menerapkan skenario lalu lintas untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.

"Untuk mengurai antrean di GT Merak, kendaraan akan dialihkan ke GT Cilegon Barat atau Cilegon Timur, sementara jika di Serang Timur, dialihkan ke Serang Barat," jelas Krist.

Selain itu, para pengendara juga diimbau untuk istirahat di rest area KM 43 dan KM 68 arah Merak jika terjadi kepadatan di jalan tol.

Sementara untuk kendaraan yang sudah keluar tol dan terjebak antrean menuju pelabuhan, juga disiapkan penampungan mobil di Jalan Cikuasa.

Baca juga: Tim Mudik Gesit Kompas: Jabar Dilewati 3,7 Juta Pemudik hingga e-Toll Sebabkan Antrean Kendaraan

Kepadatan kendaraan di jalan tol, biasanya dipicu oleh antrean di Gerbang Tol. Untuk menghindari hal tersebut, kata Krist, PT MMS telah memasang total 29 unit Gardu Transaksi Otomatis (GTO). Rinciannya 15 unit gardu masuk tol, 11 unit gardu keluar dan tiga unit gardu ramp.

"Kita juga sudah siapkan penambahan lajur transaksi exit di GT Serang Timur dan Merak yang beroperasi mulai H-10," kata dia.

Letak posko kesehatan

Sebagai layanan penunjang, Krist mengatakan, pihaknya menyiapkan posko kesehatan di rest area KM 68 arah Jakarta dan KM 68 arah Merak.

Di sana, pengendara bisa memeriksa kesehatan gratis mulai H-7 hingga H+7.

Baca juga: Mudik Gesit: Hampir 50 Titik Kemacetan Tersebar di Jabar

"Selain itu juga ada layanan bengkel gratis di rest area KM 45 arah Jakarta," ujar dia.

Adapun untuk layanan Top Up E-Toll bisa dilakukan di empat rest area, yakni KM 43 dan KM 68 arah Merak serta KM 45 dan KM 68.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com