Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Penumpang Bandara Yogyakarta yang Bikin Kagum Penumpang...

Kompas.com - 08/05/2019, 13:06 WIB
Dani Julius Zebua,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.comYogyakarta International Airport (YIA), bandara baru di Yogyakarta, membangkitkan kekaguman penumpang pesawat yang menunggu keberangkatan maupun baru saja tiba.

Mereka rupanya menikmati suasana bandara baru yang berada di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini.

Banyak yang dilakukan untuk mengungkap kekaguman itu. Aizza Fisha calon penumpang Citilink yang hendak terbang ke Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) pada penerbangan perdana dari YIA.

Ia menyempatkan foto di berbagai sudut terminal keberangkatan YIA sambil menunggu terbang pukul 13.40 WIB. 

Baca juga: Cerita Sejumlah Penumpang Citilink yang Ikut Penerbangan Perdana di YIA

"Senang sih. Bandaranya bagus seperti yang ada di luar negeri. Fasilitasnya juga bagus," kata Aizza di terminal YIA, belum lama ini.

Bandara YIA memang punya banyak kelebihan yang membuat penumpang takjub. Utamanya karena bandara ini masih baru dan sejuk.

Ruang tunggu terlihat sangat lapang di dalam terminal Bandara Yogyakarta International Airport, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.KOMPAS.COM/DANI J Ruang tunggu terlihat sangat lapang di dalam terminal Bandara Yogyakarta International Airport, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suasananya juga lengang alias tidak sesumpek saudara kembarnya Bandara Adisutjipto yang sangat padat calon penumpang pesawat.

Kawasan YIA sebenarnya baru terbangun separuh. Terminal penumpangnya saja bahkan baru terbangun 6 persen dari rencana 210.000 meter persegi.

Baca juga: Bandar Udara YIA Bidik Penumpang dari Selatan Jateng dan Yogyakarta

Meski di atas kertas progres terminal terasa minim, namun dua lantai bangunan seluas 12.920m2 ini sudah melayani penerbangan sejak awal Mei 2019 ini. 

Terminal memiliki fasilitas lengkap. Terdapat beberapa gerai belanja produk UMKM maupun kerajinan, seperti Periplus, butik Sarinah, food & beverage, dan Concordia Lounge, juga UMKM Galeri Jogja.

Motif batik kawung

Seorang pengunjung Yogyakarta International Airport (YIA), bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo, menyempatkan diri berpose di sekitar area ruang tunggu bandara. Tampak motif lantai bandara menggunakan motif batik kawung. Dok. Pribadi Seorang pengunjung Yogyakarta International Airport (YIA), bandara baru Yogyakarta di Kulon Progo, menyempatkan diri berpose di sekitar area ruang tunggu bandara. Tampak motif lantai bandara menggunakan motif batik kawung.

Dinding bangunan terminal berupa kaca yang memungkinkan penumpang melihat bebas pesawat take off-landing, bahkan loading penumpang dengan garbarata.

Foto maupun selfie juga menarik dengan latar belakang sisi udara YIA itu.

Anak-anak bisa bermain di sebuah arena bermain. Beberapa penumpang juga menyempatkan diri pijat refleksi di salah satu tenant.

Koridor juga terpasang dengan elevator berjalan dari Gate 1 ke Gate 2. Lantai dan ornamen juga menonjolkan kekhasan motif batik Kawung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com