Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Maluku Siagakan 750 Petugas Selama Ramadhan

Kompas.com - 03/05/2019, 09:44 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapan pengamanan pasokan kelistrikan jelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H, Jumat (3/5/2019).

Selain di Ambon, kegiatan yang sama secara serentak juga dilaksanakan di seluruh unit PLN se-Maluku dan Maluku Utara.

"Kami menyiagakan sebanyak 750 petugas mulai tanggal 5 Mei ini hingga 16 Juni 2019 atau H+10 dari perayaan Idul Fitri 1440 H. SOP juga telah kami susun untuk kesiagaan di seluruh sistem kami se-Maluku dan Maluku Utara," ujar General Manager PLN UIW MMU, Romantika Dwi Juni Putra kepada wartawan usai apel tersebut.

Baca juga: Karaoke dan Tempat Hiburan di Mataram Harus Tutup Selama Ramadhan, Warung Makan Buka Jam Tertentu

Romantika menjelaskan, sejauh ini daya listrik yang tersedia di sistem kelistrikan Maluku dan Maluku Utara cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H. Meski begitu, kata dia, cuaca ekstrem dan faktor alam lainnya yang dapat mengganggu sistem kelistrikan harus dapat diwaspadai.

"Sebagai contoh untuk di sistem Ambon sendiri, daya mampu kami saat ini mencapai 70 MW dengan beban puncak 53-54 MW. Dengan demikian daya yang tersedia cukup karena terdapat cadangan daya sebesar 16-17 MW. Sedangkan untuk di sistem Ternate-Tidore, Daya Mampu kami mencapai 47,1 MW dengan beban puncak sebesar 33,3 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 13,8 MW," terangnya.

Dia menambahkan, PLN juga menyiapkan 17 genset berkapasitas 40 kW, 60 kW, 100 kW dan 160 kW yang disiapkan di lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri di Maluku dan Maluku Utara. Di Ambon sendiri, PLN akan menyiagakan genset berkapasitas 160 kW di Masjid Al-Fatah dan genset berkapasitas 40 kW di Masjid Galunggung.

Selain itu, PLN juga mengimbau kepada para pelanggan untuk dapat menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang mungkin dialami.

Program menembus batas

Dengan ketersediaan daya listrik tersebut, PLN juga memberikan kesempatan kepada pelanggan yang ingin menambah daya listrik di rumahnya dengan memanfaatkan promo program Menembus Batas untuk Diskon Tambah Daya sebesar 75 persen dan 100 persen yang saat ini masih berlangsung hingga tanggal 31 Desember 2019.

Bagi pelanggan yang memiliki kompor listrik atau motor listrik, PLN memberikan diskon tambah daya sebesar 75 persen dan diskon tambah daya sebesar 100 persen bagi pelanggan yang memiliki mobil listrik.

Baca juga: Rumah Makan di Lebak Dilarang Buka Siang Hari Selama Ramadhan, Ini Alasannya

 

Pelanggan yang ingin mengikuti promo tersebut dapat membuktikan dengan struk pembelian maupun bukti kepemilikan dari peralatan-peralatan elektronik tersebut.

"Melalui promo menembus batas ini, kami ingin memberikan kenyamanan bagi pelanggan rumah tangga kami dalam memanfaatkan listrik, khususnya di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H," tutup Romantika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com